MUIZ, M. ABDUL (2017) STUDI EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS. Masters thesis, STAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 DAFTAR ISI.pdf Download (528kB) |
|
Text
03 ABSTRAK.pdf Download (448kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (774kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (616kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (398kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (967kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (382kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus (2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus (3) Bagaimana dampak implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni jenis penelitian yang temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya, tapi dengan menggunakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilaksanakan dalam konteks lapangan, yang kemudian dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas. Lokasi penelitian di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret Studi Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di madrasah tersebut. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus berjalan dengan baik, Proses pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah pada Kurikulum 2013, siswa dituntut aktif untuk mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran saintifik; mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta. (2) Faktor pendukung implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik, guru lebih memahami dan menguasai tentang inovasi pembelajaran sehingga mempunyai kesiapan mental dan kecakapan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga sarana dan prasarana yang meliputi media, alat dan sumber pembelajaran yang sudah cukup memadai serta kesiapan antara guru dan siswa. Adapun faktor penghambatnya yaitu perbedaan karakteristik peserta didik, membutuhkan waktu yang cukup dalam menerapkan Kurikulum 2013, dan kurangnya perencanaan dalam penerapan Kurikulum 2013. (3) Dampak dari implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MA NU Miftahul yaitu siswa sungguh-sungguh dalam memahami materi pengajaran, siswa harus menalar dari materi tersebut. Juga guru harus ekstra mengevaluasi siswa dan siswa harus lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran PAI agar tidak terjadi keterlambatan dalam menerima materi pelajaran. Selain itu guru harus mengorganisasi siswa dalam pembelajaran mulai dari mengatur materi, model pembelajaran, waktu pembelajaran, karena penerapan kurikulum 2013 lebih banyak pada kegiatan, dan juga dalam kurikulum 2013 ini, madrasah harus menyediakan fasilitas yang mendukung dalam pelaksanaan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi; Implementasi; Kurikulum 2013 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Jun 2019 02:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2019 02:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2647 |
Actions (login required)
View Item |