NI`MAH, UMI (2017) IMPLEMENTASI PENILAIAN AFEKTIF BERBASIS ANECDOTAL RECORD PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs NU MIFTAHUL MA`ARIF KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (874kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (896kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (850kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (832kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui bagaiman proses pelaksanaan penilaian afektif berbasis Anecdotal Record pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2017/2018, (2) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penilaian afektif berbasis Anecdotal Record pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi informan yang berada dilokasi. Intervensi itu dimaksudkan agar fenomena yang dikehendaki oleh peneliti dapat segera tampak dan diamati. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus yakni pada kelas VIII B dengan alasan melihat dari penilaian harian guru Aqidah Akhlak yang mengatakan bahwa dalam mengikuti pembelajaran setiap peserta didik mempunyai minat, sikap dan perilaku yang berbeda-beda. Disini guru hanya mengambil sampel dari beberapa peserta didik saja karena dalam penggunaan metode Anecdotal Record ini hanya bisa digunakan untuk populasi yang sedikit. Proses pelaksanaan penilaian afektif berbasis Anecdotal Record pada mata pelajaran aqidah akhlak melalui 4 tahap. Yang pertama penilaian kegiatan yaitu guru menentukan penilaian kegiatan melalui metode yang beliau terapkan, kedua pengamatan perilaku yaitu selama proses pembelajaran guru juga mengamati perilaku peserta didik, ketiga pencatatan perilaku yaitu setelah mengamati perilaku peserta didik. Guru kemudian mencatata perilaku peserta didik, dan keempat adalah hasil penilaian. Dalam menggunakan metode Anecdotal Record ada faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Faktor pendukung (1) adanya kerjasama antara guru PAI, (2) adanya kerja sama dengan peserta didik. Faktor penghambat (1) Kurangnya kejujuran peserta didik dalam pengisian Anekdot (2) Penilaian meluas atau yang diinginkan guru tidak sesuai dengan apa yang ditulis oleh peserta didik (3) Peserta didik yang tidak memiliki minat yang tinggi dalam pelajaran (peserta didik yang biasa-biasa saja) shingga tidak ada penilaian atau catatan tentang peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Anecdotal Record; Penilaian Afektif |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 02:32 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 02:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2681 |
Actions (login required)
View Item |