STUDI ANALISIS TENTANG PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU RAUDLATUS SHIBYAN 03 PEGANJARAN BAE KUDUS

NAFISAH, DZURROTUN (2018) STUDI ANALISIS TENTANG PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU RAUDLATUS SHIBYAN 03 PEGANJARAN BAE KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (745kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)

Abstract

Keterampilan sosial adalah kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, berbagi, berpartisipasi, dan beradaptasi (simpati, empati dan mampu memecahan masalah serta disiplin sesuai dengan peraturan dan norma yang berlaku). Keterampilan sosial (social skills) merupakan bagian penting dari kemampuan hidup manusia. Tanpa memiliki keterampilan sosial manusia tidak dapat berinteraksi dengan orang lain yang ada dilingkungannya karena keterampilan sosial dibutuhkan dalam hidup bermasyarakat. Untuk mencapai kematangan sosial anak harus belajar tentang cara menyesuaikan diri dengan orang lain. Kemampuan ini diperoleh anak melalui berbagai kesempatan atau pengalaman dengan orang-orang di lingkungannya baik orang tua, saudara, teman sebaya, atau orang dewasa lainnya, sehingga setiap anak mencapai tingkat pencapaian perkembangan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan keterampilan sosial anak di RA Muslimat NU Raudlatus Shibyan 03, mendeskripsikan faktor-faktor keterampilan sosial anak, dan mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan guru di RA Muslimat NU Raudlatus Shibyan 03 dalam meningkatkan kemampuan sosial anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara diskriptif kualitatif. Kemudian data yang telah terkumpul akan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui bagaimana Pengembangan Keterampilan Sosial di RA Muslimat NU Raudlatush Sibyan 03 Peganjaran Bae Kudus. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan keterampilan sosial anak di RA Muslimat NU Raudlatus Shibyan 03 sudah cukup baik, dalam hal berkomunikasi, kemandirian dan mampu mengendalikan perasaan . Faktor yang mempengaruhi kemampuan sosial emosional anak di RA Muslimat NU Raudlatus Shibyan 03 adalah faktor di dalam diri sendiri, faktor lingkungan keluarga, dan faktor lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan keterampilan sosial anak di RA Muslimat NU Raudlatus Shibyan 03 dipengaruhi oleh peran orang lain di lingkungan sekitar anak. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak, terutama dalam memberi pertolongan dan motivasi kepada rekan-rekan mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kualitas penelitian pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial dan anak usia dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Jul 2019 03:08
Last Modified: 01 Jul 2019 03:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2727

Actions (login required)

View Item View Item