IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS SONGGO BUWONO TODANAN BLORA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HALIMAH, KHANIF NOOR (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS SONGGO BUWONO TODANAN BLORA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf.pdf

Download (670kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf.pdf

Download (681kB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf.pdf

Download (616kB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf.pdf

Download (551kB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf.pdf

Download (347kB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf.pdf

Download (711kB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf.pdf

Download (429kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (311kB)

Abstract

Implementasi Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Songgo Buwono Todanan Blora Tahun Pelajaran 2015/2016, Program S.1 Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Kudus, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Implementasi strategi pembelajaran Creative Problem Solving pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Songgo Buwono Todanan Blora tahun ajaran 2015 / 2016. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Songgo Buwono tahun ajaran 2015 / 2016. 3) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi strategi pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Songgo Buwono Todanan Blora tahun ajaran 2015 / 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait yaitu, MTs Songgo Buwono Bedingin Todanan Blora mengenai implementasi strategi pembelajaran Creative Problem Solving, kemudian observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, waka kurikulum dan peserta didik. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan suasana proses pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII, dan penerapan strategi pembelajaran Creative Problem Solving dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Implementasi strategi pembelajaran Creative Problem Solving pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Songgo Buwono Todanan Blora dilaksanakan melalui 5 fase yaitu fase penyajian materi, pemberian tugas, diskusi/curah pendapat, pertanggung jawaban dan refleksi. Sebelum pembelajaran berlangsung guru sudah membuat sebuah perencanaan sebagai scenario pembelajaran berupa RPP dan evaluasi dari pembelajaran tersebut dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, tugas pada akhir pembelajaran dan tugas tengah serta akhir semester. 2) Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dapat dilihat dengan perubahan pada siswa yang lebih aktif, berani bertanya, mengemukakan pendapat, memahami dan menyelesaikan masalah dengan kritis seta mengaplikasikan dalam kehidupan. Selain itu, dapat dibuktikan dengan nilai rata -rata siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak semua kelas VII yang diatas nilai KKM 75. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi pembelajaran Creative Problem Solving pada mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu kesiapan guru, motivasi siswa, kondisi social dan sarana prasarana, sedangkan faktor penghambatnya adalah kemampuan siswa yang berbeda-beda dan siswa yang kurang konsentrasi. Apabila faktor pendukung tidak terpenuhi maka akan berbalik arus menjadi faktor penghambat. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis, Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving; Kemampuan Berpikir Kritis; Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jan 2017 02:18
Last Modified: 18 Jan 2017 02:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item