PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK INDIVIDUAL TECHNIQUE BAGI GURU PAI DI MTs NU KHOIRIYYAH BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ZATALINI, FARHANA RANIA (2018) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK INDIVIDUAL TECHNIQUE BAGI GURU PAI DI MTs NU KHOIRIYYAH BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.abstrak.pdf

Download (175kB)
[img] Text
03.daftar isi.pdf

Download (193kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (504kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (363kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (810kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan supervisi akademik individual technique bagi guru PAI, serta apa saja kendala yang dihadapi dan bagaimana solusi yang diterapkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian yang bersiat kualitatif.Sumber data adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru PAI serta beberapa siswa. Teknik pengumpulan data antara lain : (1) Teknik observasi mengamati tentang saat kunjungan kelas, pertemuan invidu, perilaku Kepala Madrasah dan guru serta mengamati kemampuan profesional guru saat mengaja, (2) Teknik wawancara mencari data tentang proses pelaksanaan supervisi dan bagaimana hasilnya bagi kompetensi profesional guru PAI, (3) Teknik dokumentasi berupa visi misi dan tujuan, data siswa dan guru, serta data sarana prasarana. Analisis data antara lain: (1) Reduksi data difokuskan pada perbaikan pembelajaran oleh Kepala Madrasah kepada guru PAI, pengembangan kompetensi, dan perilaku pembelajar, pelaksanaan supervisi, perilaku Kepala Madrasah, interaksi antara Kepala Madrasah dengan Guru PAI, serta hasil supervisi, (2) Display data yaitu menyajikan data yang berisikan tentang yaitu pengembangan kompetensi, dimana Kepala Madrasah berusaha melakukan upaya-upaya seperti mengadakan pelatihan, sosialisasi untuk guru, yang kedua ialah tentang perbaikan pembelajaran membimbing guru dalam menyusun silabus, RPP, membimbing memilih metode, strategi, dan lain sebagainya, dan yang terakhir ialah perilaku pembelajar, dimana membahas cara Kepala Madrasah mencontohkan yang baik dan menjadi teladan untuk guru lainnya dalam bersikap, dan (3) Verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan tiga temuan yaitu (1) bahwa Kepala MTs NU Khoiriyyah melaksanakan supervisi dengan melakukan dengan tahap pra observasi yaitu dengan meminta RPP guru dan menilai RPP.Selanjutnya yaitu tahap obervasi dimana Kepala Madrasah melakukan kunjungan kelas dan melakukan observasi, dan terakhir pascaobservasi dengan melakukan evaluasi diri dengan melakukan memberikan arahan.(2) Kendala yang dihadapi Kepala Madrasah dalam pelaksanaan yaitu waktu, kurang keterbukaannya guru, serta sarana dan prasarana. Dengan adanya kendala tersebut, Kepala Madrasah berusaha untuk bisa meminimalisir kendala tersebut dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Supervisi; Individual Technique; Pengembangan Profesional Guru
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jul 2019 01:29
Last Modified: 04 Jul 2019 01:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2732

Actions (login required)

View Item View Item