SHOLIHUDDIN, MUH (2018) STUDI ANALISIS IMPLEMENTASI METODE CERAMAH PADA MUATAN LOKAL KITAB NUBDATU AL TAFSIR DALAM MENINGKATAN PRESTASI PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTS TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN MENAWAN GEBOG KUDUS TAHUN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (350kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (642kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (533kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (544kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (334kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (757kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (443kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
Abstract
Tujuan penelitian yang termuat dalam judul “pelaksanaan studi analisis implementasi metode ceramah pada muatan lokal kitab rubdatut tafsir dalam meningkatan prestasi pelajaran Al-Qur’an Hadist di Mts Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Gebog Menawan Kudus 2016/2017” adalah (1) sebagai untuk mengetahui pelaksanaan metode ceramah pada muatan lokal kitab Nubdatut Al-Tafsir di Mts Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Gebog Menawan Kudus. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan kitab Nubdatut Al-Tafsir dalam meningkatan prestasi pelajaran Al-Qur’an Hadist diMts Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Gebog Menawan Kudus 2016/2017. (3) Untuk mengetahui pelaksanaan metode ceramah kitab Nubdatut Al-Tafsir dalam meningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran Al-Qur’an di Mts Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Gebog Menawan Kudus 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif disebut juga dengan pendekatan investigasi karena biasanya peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian, Penelitian mengambil lokasi di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pengumpulan data, mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi mana data yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan guna mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu : Dalam penentuan bahan pengajaran madrasah sangat memperhatikan kesesuainnya dengan perkembangan dan kebutuhan peserta didik, sesuai dengan tujuan diadakannya kurikulum mutan lokal keagamaan di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Gebog Menawan Kudus yaitu untuk melestarikan budaya pesantren dan memebekali siswa dengan ilmu agama dan ilmu umum secara seimbang, Muatan lokal keagamaan yang di ajarkan di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Gebog Menawan Kudus bahan atau isi pengajaran kurikulum muatan lokal keagamaan diadopsi dari pondok pesantren salaf yang disusun secara sistematis. Faktor pendukung implementasinya: Berangkat dari penelaahan model pembelajaran kitab Nubdatu Al-Tafsir di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Gebog Menawan Kudus yang murni berdampak pada rendahnya pemahaman siswa terhadap materi dan pembelajaran yang membosankan. Pengadaan ekstrakurikuler pengajian kitab Nubdatu Al-Tafsir Sebagai langkah pendukung untuk pengembangan tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran kitab Nubdatu Al-Tafsir di kelas, Lingkungan yang religius di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Gebog Menawan Kudus berada di kawasan desa Menawan yang religious, Dukungan orang tua selain lingkungan yang religius, dukungan orang tua terhadap pembelajaran kitab Nubdatu Al-Tafsir di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Gebog Menawan Kudus memiliki peranan penting, Kendala pembelajaran penerapan pembelajaran kitab Nubdatu Al-Tafsir dengan metode ceramah di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Gebog Menawan Kudus Masih banyak siswa yang memiliki kemampuan menulis dan membaca tulisan Arab pegon yang rendah, khususnya bagi siswa kelas IX dan belum pernah mengikuti pengajian kitab Nubdatu Al-Tafsir sama sekali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Ceramah; Muatan Lokal; Kitab Rubdatut Tafsir Dalam Meningkatan Prestasi Pelajaran Al-Qur’an |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 02:12 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 02:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2736 |
Actions (login required)
View Item |