PENGAJARAN MANAJEMEN DIRI MAHASISWI PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AN-NASUCHIYYAH NGETUK NGEMBALREJO BAE KUDUS

ISTIQOMAH, NUR (2019) PENGAJARAN MANAJEMEN DIRI MAHASISWI PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AN-NASUCHIYYAH NGETUK NGEMBALREJO BAE KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (681kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (973kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (924kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (756kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (739kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi diperlukan manajemen diri yang baik untuk mahasiswi penghafal Al-Qur’an demi terwujudnya cita-cita mereka. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui profil mahasiswi penghafal Al-Qur’an di PPTQ An-Nasuchiyyah, (2) Mengetahui bagaimana pengajaran manajemen diri mahasiswi penghafal Al-Qur’an di PPTQ An-Nasuchiyyah dan (3) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen diri mahasiswi penghafal Al-Qur’an di PPTQ An-Nasuchiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah (1)Profil tentang tiga mahasisiwi penghafal Al-Qur’an, (2) Pengajaran manajemen diri mahasiswi penghafal Al-Qur’an yaitu pendorongan diri dalam menumbuhkan semangat menghafal dan kuliah. Mengenai penyusunan diri yaitu mengatur jadwal mengaji santri. Kemudian pengendalian diri dilakukan dengan cara mengikuti program-program murajaah yang ditetapkan oleh pesantren. Terakhir mengenai pengembangan diri dilakukan dengan cara mengikuti program evaluasi yang ada di pesantren, sehingga dapat meningkatkan kualitas hafalan, (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen diri mahasiswi penghafal di antaranya; adanya faktor mahasiswi penghafal Al-Qur’an memperthankan semangat dan motivasi (self motivation), melaksanakan penyusunan diri dengan baik (self organitation), melaksanakan pengendalian diri supaya bertahan dalam ke dua tanggung jawab (self control) dan melaksanakan pengembangan diri supaya hafalan lebih berkualitas (self development)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran, Manajemen Diri, Penghafal Al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jul 2019 03:30
Last Modified: 17 Jul 2019 03:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item View Item