Habib Ghufron, Moch (2018) PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MI NU BAITUL MUKMININ DAN MI NU MIFTAHUL ULUM TAHUN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.abstrak dan daftar isi.pdf Download (518kB) |
|
Text
03.bab I.pdf Download (392kB) |
|
Text
04.BAB II.docx new.pdf Download (640kB) |
|
Text
05.BAB III.pdf Download (231kB) |
|
Text
06.BAB IV.pdf Download (504kB) |
|
Text
07.BAB V.pdf Download (256kB) |
|
Text
08.DAFTAR PUSTAKA.docx fix.pdf Download (187kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar pelajaran akidah akhlak pada kelas kontrol dengan kelas eksperimen sesudah perlakuan pembelajaran dengan metode sosiodrama di MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan dua kelas sebagai sampel yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI NU Miftahul Ulum Kudus dan MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi indikator implementasi pembelajaran oleh guru dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa pada awal dan akhir pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji. Hal ini bisa dilihat dengan sedikitnya selisih rata – rata yang didapatkan ketika penelitian awal dilakukan. Rata – rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 64,50 dan skor pretest kelas eksperimen sebesar 65,75 nilai tersebut termasuk dalam kategori cukup/sedang. Uji pengujian hipotesis menyatakan jika kelas kontrol dan kelas eksperimen berada pada standar yang sama (2) Perbedaan hasil beelajar kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah mendapatkan perlakuan pembelajaran mengalami perbedaan kemajuan yang signifikan. Hasil penelitian nilai skor total terpaut 171 (1687-1516). Skor rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 84,35, dan skor rata-rata pada kelas kontrol sebesar 75,80 (3) Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan hasil belajar pelajaran akidah akhlak pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Hal ini bisa dibuktikan dengan bertambahnya siswa yang mendapatkan nilai di atas 75 yakni sebanyak 18 siswa pada saat posttest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode sosiodrama, hasil belajar dan akhlak terpuji. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 May 2020 22:56 |
Last Modified: | 29 May 2020 22:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2901 |
Actions (login required)
View Item |