Fauzah, Wahidaton Nor (2019) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS MELALUI PENDEKATAN KOLABORATIF DALAM MEWUJUDKAN PROFESIONALISME GURU (STUDI KASUS DI MTS DARUL ULUM NGEMBALREJO KABUPATENKUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover dkk.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (289kB) |
|
Text
3. Daftar isi.pdf Download (689kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (389kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (510kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (359kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (677kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (292kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (362kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan(1) untuk mengetahuiproses implementasi supervisi klinis melalui pendekatan kolaboratif dalam mewujudkan profesionalisme Guru di MTs Darul Ulum Kudus (2) untuk mengetahuihasil implementasi supervisi klinis melalui pendekatan kolaboratif dalam mewujudkan profesionalisme Guru di MTs Darul Ulum Kudus (3) untuk mengetahuifaktor-faktor yang mempengarui dalam implementasi supervisi klinis melalui pendekatan kolaboratif dalam mewujudkanprofesionalisme Guru di MTs Darul Ulum Kudus.Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentik secara obyektif atau studi lapangan. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu Kepala Madrasah, Guru dan Waka Kurikulum. Sumber data sekunder yaitu buku kepustakaan, dan data dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data diantaranya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang terkait dengan instansi pendidikan yang ada di MTs Darul Ulum Kudus. Hasil penelitian yang di peroleh adalah proses implementasi supervisi klinis melalui pendekatan kolaboratif dalam mewujudkan profesionalisme Guru yaitu dilakukan Kepala Madrasah dengan kunjungan atau observasi kelas untuk mengetahui performa guru dalam melaksanakan program pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah mengadakan pertemuan personal dengan guru untuk membahas hasil evaluasi setelah memeriksa perangkat pembelajaran dan melakukan observasi kelas sebagai tindak lanjut dari supervisi klinis yang telah dilakukan. Hasil implementasi supervisi klinis melalui pendekatan kolaboratif dalam mewujudkan profesionalisme Guru yaitu bahwa adanya persiapan yang baik dalam mengadakan pembelajaran dikelas, penilaian pembelajaran lebih teratur, dan guru lebih disiplin. Aspek penghambat dan aspek pendukung dalam hasil implementasi supervisi klinis dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor pendukung lingkungan internal yaitu guru pengajar bependidikan SI, S2, dan sisanya setara dengan SPG, motivasi kerja guru yang tinggi dan kepemimpinan yang kondusif. Pendukung lingkungan eksternal yaitu ketersediaan waktu yang khusus dalam proses pembinaan supervisor untuk berdiskusi dengan guru dan Yayasan madrasah memiliki komitmen tinggi untuk melaksanakan proses pembinaan supervisi. Hambatan lingkungan internal yaitu Kepala Madrasah sakit, Guru masih menggunakan metode dan media mengajar sederhana, persiapan mengajar Guru yang masihkurang lengkap dan jadwal supervisi bergeser. Hambatan lingkungan eksternal yaitu persaingan mutu sekolah semakin berat dan panggilan rapat dinas mendadak yang harus diikuti sehingga kegiatan Madrasah hari itu harus ditinggalkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Klinis, Pendekatan Kolaboratif, dan Profesionalisme Guru. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 02:47 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 02:47 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2910 |
Actions (login required)
View Item |