Syukron, Ahmad (2018) IMPLEMENTASI MODEL INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) DALAM MATERI AKHLAK TERPUJI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS IV MI TARBIYATUL ISLAMIYAH SOKOPULUHAN – PUCAKWANGI – PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (768kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (334kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (406kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (308kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (610kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (213kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
Abstract
Pembelajaran pada hakikatnya merupakan upaya guru dalam menciptakan situasi belajar, model yang digunakan oleh guru diharapkan mampu menumbuhkan berbagai kegiatan belajar bagi siswa. Salah satu metode pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja kelompok dan kemampuan sosialisasi antar siswa adalah model investigasi kelompok (group investigation). Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan datanya dapat dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dilakukan dengan menelaah data, menata data, membagi menjadi satuan-satuan yang dapat dikelola, mensintesis, mencari pola, menemukan apa yang bermakna dan apa yang diteliti dan dilaporkan secara sistematis.dan dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan ate verifikasi (conclution drawing & ferifying). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penggunaan model investigasi kelompok (group investigation) yaitu (1) perencanaan model investigasi kelompok (group investigation), (2) pelaksanaan metode investigasi kelompok (group investigation) dan (3) penilaian model investigasi kelompok (group investigation). Berdasarkan hasil penelitian dan unjuk kerja hasil diskusi. Meliputi: (1) siswa bisa saling berinteraksi dan saling melengkapi dari pendapat masing-masing siswa, dan tentunya semua siswa secara keseluruhan akan menjadi lebih aktif utuk menyelesaikan masalah dalam proses pembelajaran. (2) jiwa sosialisme siswa akan terbentuk dan tentunya lebih matang karena prosesnya terfokus oleh siswa sendiri. (3) dengan metode ini siswa satu dengan siswa yang lain ada komunikasi, interaksi, dan saling timbal balik untuk perkembangan kompetensinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Investigasi Kelompok (Group Investigation), Materi Akhlak Terpuji, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Jun 2020 12:55 |
Last Modified: | 02 Jun 2020 12:55 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2915 |
Actions (login required)
View Item |