BIMBINGAN INDIVIDU OLEH GURU KELAS DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS IV DI MI NU AL-FALAH TANJUNGREJO JEKULO KUDUS TAHUN AJARAN 2018/2019

Malikhatun, Siti (2019) BIMBINGAN INDIVIDU OLEH GURU KELAS DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA KELAS IV DI MI NU AL-FALAH TANJUNGREJO JEKULO KUDUS TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER DAN BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (476kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (513kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (637kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (511kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (718kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (470kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui bentuk perilaku menyimpang siswa (2) Mengetahui bagaimana pelaksanaan bmbingan individu oleh guru kelas dalam bimbingan konseling untuk mengatasi perilaku menyimpang siswa (3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan bimbingan individu dalam bimbingan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan ke dalam bentuk kata-kata dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya berasal dari sumber data primer: Kepala madrasah MI NU Al-Falah, wali kelas IV, sedangkan sumber data sekunder: dokumen dari MI NU Al-Falah Tanjungrejo. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan peningkatan ketekunan, triangulasi, penggunaan bahan referensi pendukung dan mengadakan pengecekan data kepada narasumber. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik analisis: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dalam penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk perilaku menyimpang yang ditemukan yaitu perilaku agresif siswa yang sering mengganggu temannya hingga melakukan kekerasan fisik (2) Bimbingan individu yang dilakukan yaitu memindahkan kelas, memberikan bimbingan secara pribadi, bekerja sama dengan wali murid, memberikan pengarahan, memberikan sanksi yang mendidik, dan membuat strategi pembelajaran (3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat bimbingan individu, diantara faktor penghambat yaitu orang tua yag tidak kooperatif, siswa yang sulit diarahkan, miniimnya kemampuan bimbingan bagi anak sedangkan faktor pendukungnya yaitu kerjasama antara pihak sekolah, guru kelas, dan partisipasi aktif wali murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Individu, Perilaku Menyimpang
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:50
Last Modified: 22 Jun 2020 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2996

Actions (login required)

View Item View Item