Ni’mah, Alfiyatun (2019) IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA PELAKU USAHA KECIL (STUDI KASUS PADA TOKO AL-MADINA WEDARIJAKSA PATI). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER_to.pdf Download (865kB) |
|
Text
2. ABSTRACK_to.pdf Download (575kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf Download (574kB) |
|
Text
4. BAB I_to.pdf Download (636kB) |
|
Text
5. BAB II_to.pdf Download (903kB) |
|
Text
6. BAB III_to.pdf Download (626kB) |
|
Text
7. BAB IV_to.pdf Download (727B) |
|
Text
8. BAB V_to.pdf Download (759kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf Download (727B) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1.) Untuk mengetahui bagaimana mengimlpementasi etika bisnis Islam pada pelaku usaha kecil “toko Al-Madina Wedarijaksa Pati”. 2.) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam etika bisnis Islam pada pelaku usaha kecil “toko Al-Madina Wedarijaksa Pati”. 3.) Untuk mengetahui sejauh mana dampak dari implementasi etika bisnis Islam di toko Al-Madina terhadap konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research), sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian adalah di Toko Al-Madina Wedarijaksa Pati. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, implementasi etika bisnis Islam di Toko Al-Madina tentu tidak lepas dari peran manajemen pemilik toko dan karyawan sendiri. Dalam visi dan misi serta bisnis yang dijalankan Toko Al-Madina sudah menerapkan etika bisnis Islam dengan tujuan untuk memuaskan para konsumen dan pelanggan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: pertama, Implementasi etika bisnis Islam yang diterapkan pada Toko Al-madina sudah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dalam tujuan dan visi misi di Toko Al-madina sendiri, prinsip bisnis yang jujur, karyawan yang ramah dan melayani sepenuh hati, produk yang bernilai syar’i berkualitas dengan harga transparan. Kedua, sebagai pelaku usaha pasti tidak lepas dengan adanya pesaing, sebagai faktor pendukung Toko Al-Madina memiliki letak sangat strategis dengan penduduk mayoritas muslim dan perekonomian menengah kebawah, produk yang dijual banyak dan bermacam model dan harganya pun relatif murah, karyawan yang jujur, ramah, serta dapat melayani dengan sepenuh hati dan dapat memuaskan para konsumen. Ketiga, Dampak dari penerapan etika bisnis Islam di Toko Al-madina ini juga cukup bagus. Hal ini dapat dibuktikan dengan bertambah banyaknya pelanggan di toko ini serta banyak muslimah yang berbusana syar’i.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika, Bisnis Islam, Pelaku Usaha Kecil |
Subjects: | Fiqih Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 02:46 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 02:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3036 |
Actions (login required)
View Item |