Hadi Saputra, Hardika (2019) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KAFIR BERSARUNG KARYA REZA NURUL FAJRI. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRACK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (562kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (613kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (926kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (591kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (547kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dan metode pembentukan nilai-nilai karakter dalam novel Kafir Bersarung karya Reza Nurul Fajri. Dan yang menjadi fokus rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Kafir Bersarung karya Reza Nurul Fajri?, 2) bagaimana metode pembentukan nilai-nilai karakter dalam novel Kafir Bersarung karya Reza Nurul Fajri?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulkan data menggunakan teknik dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode analisis isi (content analysis), yaitu menganalisis isi novel yang berupa potongan kutipan-kutipan paragraf dalam novel tersebut, baik yang berupa perilaku tokoh, tuturan ekspresif atau deskriptif dari tokoh, dialog antar tokoh, maupun respon para tokoh dalam menyikapi sesuatu (baik yang berupa tuturan lisan, tuturan batin, pola pikir, ataupun tindakan tokoh) yang ada hubungannya dengan rumusan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Kafir Bersarung karya Reza Nurul Fajri meliputi: a) karakter yang terkait dengan Allah Swt, ditemukan nilai syukur, religius, dan ikhlas; b) karakter yang terkait dengan Rasulullah Saw, ditemukan nilai mengikuti Rasulullah Saw, dan berselawat; c) karakter yang terkait dengan diri sendiri, ditemukan nilai berpikir kritis, pemberani (syaja’ah), gemar membaca, rasa ingin tahu, berhati-hati (wara’), rendah diri (tawadhu’), kreatif, dan muhasabah; d) karakter yang terkait dengan sesama manusia, ditemukan nilai murah hati, dermawan, empati, menghargai prestasi, sabar, dan jujur; e) karakter yang terkait dengan lingkungan, ditemukan nilai peduli lingkungan dan semangat kebangsaan. 2) metode pembentukan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam novel ini meliputi: metode diskusi atau komunikasi, metode nasehat atau motivasi, metode dogma, metode keteladanan, dan metode pemberian hukuman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Novel Kafir Bersarung |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 03:44 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 03:44 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3047 |
Actions (login required)
View Item |