Implementasi Model Pembelajaran Artikulasi dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotor Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus Samirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Ilmu Tarbiyah. IAIN Kudus

Intan Arum Sasi, Ely (2019) Implementasi Model Pembelajaran Artikulasi dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotor Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus Samirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Ilmu Tarbiyah. IAIN Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (508kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (606kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (339kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan kemampuan psikomotor siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini yaitu dengan penelitian kualitatif dengan penelitian yang bersifat penelitian lapangan atau (field research). Sumber data penelitian menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan yaitu observasi,wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model artikulasi pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 berlangsung melewati beberapa tahap, yang pertama guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada materi tata cara dzikir dan doa dan memotivasi siswa agar terlibat dalam aktivitas belajar. Kedua, guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi. Ketiga, guru menjelaskan kepada siswa untuk membentuk kelompok belajar. Keempat, guru membimbing dan mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan tugas. Kelima, guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai. Keenam, guru melakukan evaluasi. Ketujuh guru memberi penghargaan kepada setiap usaha yang telah dilakukan oleh individu maupun kelompok.Faktor pendukung Implementasi model artikulasi pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019antara lain meliputi infrastruktur yang mendukung yaitu kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, yang kedua yaitu keterbukaan dari pihak peserta didik, yang ketiga yaitu kebijaksanaan sekolah yang mendukung yaitu adanya kebebasan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran sesuai dengan kebutuhan materi pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu beragamnya karakteristik serta kepribadian siswa serta perbedaan kecerdasan yang dimiliki oleh siswa yaitu ada yang pintar, ada yang kurang pintar, ada yang rajin, ada yang malas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Artikulasi, Kemampuan Psikomotor, Fiqih.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:54
Last Modified: 11 Aug 2020 02:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3120

Actions (login required)

View Item View Item