Mustaqim, Mustaqim (2019) Peran Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Kepemimpinan di MA Nurul lluda Medini Gajah Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. Daftar isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (405kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (367kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (804kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (226kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
Abstract
IPNU dan IPPNU MA Nurul Huda Medini Gajah Demak adalah salah satu organisasi pelajar yang berperan dalam pengembangan pendidikan karakter kepemimpinan melalui kegiatan-kegiatan edukatifnya. Pendidikan karakter kepemimpinan adalah upaya secara sadar yang dilakukan oleh seseorang/pendidik kepada para peserta didik terhadap aspek perkembanngan pikiran, sikap, dan perbuatan mengenai kepemimpinan supaya tertanam dan menjadi ciri khas. Rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran IPNU dan IPPNU dalam pengembangan pendidikan karakter kepemimpinan dan untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan pendidikan karakter kepemimpinan MA Nurul Huda Medini Gajah Demak. Penelitian ini merupakan penelittian kualitatif. berjenis field research, sumber data primernya yakni kepala madrasah, pembina, ketua, anggota siswa-siswi dan alumni IPNU dan IPPNU, sedangkan sumber data sekundernya yakni dokumentasi IPNU IPPNU MA Nurul Huda Medini dan referensi terkait perannya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara terbuka dan dokumentasi. Uji keabsahan data melalui uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Penganalisaan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter kepemimpinan dalam organisasi IPNU dan IPPNU MA Nurul Huda Medini Gajah Demak dilakukan dengan terus-menerus, melalui dua bentuk kegiatan yaitu: (1) Pada masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB), sebagai pendidikan dan pelatihan ketika awal masuk madrasah, (2) Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA), sebagai pendidikan dan pelatihan non formal yang diikuti oleh calon anggota untuk menjadi pengurus yang sah menurut ketentuan organisasi. Faktor pendukung antara lain. Faktor Eksternal yaitu situasi yang kondusif dan dukungan dari semua warga madrasah. Faktor Internal yaitu kebijakan Madrasah, Sumber Daya Manusia (SDM), dan sarana pasarana yang sangat memadai. Faktor Penghambat Faktor eksternal yaitu lingkungan yang kurang baik dan terkadang kurangnya perhatian terhadap wali murid kepada peserta didik dan terbatasnya kontrol dari madrasah kepada peserta didik. Faktor internal yaitu terbatasnya kontrol dari madrasah kepada peserta didik, pemahaman warga madrasah yang berbeda tentang pendidikan karakter kepemimpinan, karakter peserta didik yang berbedabeda membuat guru tidak mudah membimbing peserta didik sesuai karakter yang diharapkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Pendidikan, Karakter Kepemimpinan IPNU |
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Organisasi Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 06:43 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 06:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3130 |
Actions (login required)
View Item |