Budikusuma, Moh. Alvin Sena (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Materi Akhlak Pergaulan Remaja Pada Kelas XI-IPA di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK_to.pdf Download (435kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI_to.pdf Download (290kB) |
|
Text
04. BAB I_to.pdf Download (390kB) |
|
Text
05. BAB II_to.pdf Download (880kB) |
|
Text
06. BAB III_to.pdf Download (478kB) |
|
Text
07. BAB IV_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V_to.pdf Download (334kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf Download (444kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan atas alasan sebagai bentuk bahan refleksi dan referensi pencegahan dampak globalisasi terhadap karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses internalisasi nilai karakter religius melalui pembelajaran akidah akhlak materi akhlak pergaulan remaja pada kelas XI-IPA di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar, 2) Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat internalisasi nilai karakter religius melalui pembelajaran akidah akhlak materi akhlak pergaulan remaja pada kelas XI-IPA di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian stadi kasus. Kemudian, jenis stadi kasus yang peneliti gunakan adalah stadi kasus observasi. Penelitian dilaksanakan di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar dengan Subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru mata pelajaran akidah akhlak, dan siswa siswi MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar. Instrument atau alat dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, triangulasi panjang pengamatan, peningkatan ketekunan dan member check. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Internalisasi nilai-nilai karaktr religius melalui melalui pembelajaran akidah akhlak materi akhlak pergaulan remaja pada kelas XI-IPA di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar merupakan kegiatan intra kurikuler berupa pembelajaran dikelas. Pelaksanaan internalisasi menggunakan tahap tiga tahap internalisasi yaitu transformasi nilai atau dalam konsep Pendidikan islam ta’lim kemudian transaksi nilai atau atau dalam konsep Pendidikan islam tarbiyah dan yang terakhir dengan transinternalisasi nilai atau dalam konsep Pendidikan Islam disebut ta’bid. 2) Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai karaktr religius melalui melalui pembelajaran akidah akhlak materi akhlak pergaulan remaja pada kelas XI-IPA di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar, baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. Faktor pendukung diantaranya ialah; Evaluasi pembelajaran, Teladan guru dan tenaga Pendidikan, Ekstra kulikuler Pramuka, Kegiatan Standar Kecakapan Keterampilan (SKK), Kepala sekolah dan Ibadah Harian berupa pemacaan Asmaul Husna dan Sholat dzuhur berjamaah. Adapun fakor yang menghambat antara lain; kurangnya kesadaran peserta didik, lingkungan luar madrasah, komunikasi dengan wali murid yang belum maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Karakter religius, Nilai, Pembelajaran akidah akhlak. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 02:43 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 02:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3138 |
Actions (login required)
View Item |