Penanaman Budi Pekerti Melalui Action Learning Approach Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Darul Ulum Bandungharjo Donorojo Jepara Tahun 2018/2019

Harisah, Umi (2019) Penanaman Budi Pekerti Melalui Action Learning Approach Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Darul Ulum Bandungharjo Donorojo Jepara Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (20MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penanaman budi pekerti melalui Action Learning Appoarch pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Ulum Bandungharjo Donorojo Jepara tahun 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui Action Learning Appoarch, Subyek Penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak dan siswa kelas VIII-2 MTs. Darul Ulum Bandungharjo tahun pelajaran 2018/2019. Data-data dikumpulkan melalui intervieu, observasi dan dokumentasi Setelah data terkumpul dan dianalisis diperoleh hasil bahwa Implementasi penanaman budi pekerti melalui action learning approarch pada mata pelajaran akidah Akhlak di MTs Darul Ulum sudah dilaksanakan dengan baik. Pendidikan karakter dalam perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan nilainilai karakter dalam silabus dan RPP. Nilai karakter yang dimasukkan dalam perencanaan meliputi: cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, dan kerjasama. Selain itu guru telah memasukkan nilai-nilai karakter di dalamnya, namun masih bersifat administratif sehingga dalam menanamkan karakter pada siswa belum terlaksana dengan maksimal Implementasi dalam pelaksanaan masih bersifat konvensional. Pembelajaran pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran masih menunjuk pola yang sama antara pembelajaran pertama dan berikutnya, Implementasi pembelajaran karakter pada tahap evaluasi dilakukan dengan mengembangkan pelatihan manajemen agar siswa mampu menganalisis dan memecahkan masalah dalam pembelajaran lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Budi Pekerti, Action Learning Approach, Aqidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2020 07:29
Last Modified: 12 Aug 2020 07:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3148

Actions (login required)

View Item View Item