Finandia, Nefinda Anggista (2019) Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Aqidah Akhlak Terhadap Sikap Religius Peserta Didik Kelas VIII Di MTs NU Nurussalam Besito Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (571kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (570kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (738kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (681kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kompetensi sosial guru aqidah akhlak. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi sikap religius peserta didik. Serta untuk mengetahui adanya pengaruh kompetensi sosial guru aqidah akhlak terhadap sikap religius peserta. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs NU Nurussalam Besito Gebog Kudus, yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D sejumlah 125, kemudian diambil sampel 95 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi sosial guru aqidah akhlak dalam kategori baik, yaitu 72 pada rentang interval 68 - 73. 2) Sikap religius peserta didik dalam kategori tinggi yaitu sebesar 108 pada rentang interval 101 - 110. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi sosial guru aqidah akhlak terhadap sikap religius peserta didik, dengan persamaan regresi Ŷ = 71,265 + 0,485X. Artinya apabila kompetensi sosial guru aqidah akhlak ditingkatkan maka sikap religius peserta didik juga meningkat. Selain itu, kompetensi sosial guru aqidah akhlak ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap religius peserta didik terbukti dari hasil yang diperoleh dari nilai Fhitung sebesar 9,364 yang lebih besar dari Ftabel yakni sebesar 3,943 (9,364 > 3,943) dengan taraf signifikansi 5%. Serta uji signifikansi dengan uji thitung = 3,060 dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05, yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru aqidah akhlak terhadap sikap religius peserta didik kelas VIII di MTs NU Nurussalam Besito Gebog Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Sosial, Aqidah Akhlak, Sikap Religius |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 07:24 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 07:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3221 |
Actions (login required)
View Item |