PELAKSANAAN PRAKTIK DAKWAH LAPANGAN (PDL) DALAM PENGUATAN MATERI PEMBELAJARAN FIQIH (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

Ridwan, Ridwan (2016) PELAKSANAAN PRAKTIK DAKWAH LAPANGAN (PDL) DALAM PENGUATAN MATERI PEMBELAJARAN FIQIH (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (841kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (133kB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (288kB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (182kB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (333kB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (143kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui materi pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kudus tahun pelajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan praktik dakwah lapangan (PDL) untuk menguatkan materi pembelajaran Fiqih (studi kasus di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kudus tahun pelajaran 2015/2016). (3) Untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan praktik dakwah lapangan (PDL) dalam penguatan materi pembelajaran Fiqih (studi kasus di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kudus tahun pelajaran 2015/2016). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan kedalam bentuk kata-kata.Teknik pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara Secara Mendalam (In-depth interview), dokumentasi dan triangulasi.Uji keabsahan data dilakukan dengan cara teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga langkah. Pertama, yaitu mereduksi data, dengan cara menelaah seluruh data yang telah terkumpul dari berbagai sumber, baik dari wawancara, observasi maupun dokumentasi. Kedua, menyajikan data, dengan cara menyajikan data kedalam bentuk uraian atau cerita rinci yang sesuai dengan ungkapan yang telah didapat. Ketiga, verifikasi, dengan cara menarik kesimpulan atau menyimpulkan. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Penguatan materi pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kudus, dalam penguatan pembelajaran Fiqih memiliki tujuh komponen utama, yaitu : konstruktivisme (constructivisim), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection) dan penilaian yang sebenarnya (authentic assesment). 2) Problem pelaksanaan praktik dakwah lapangan (PDL) untuk menguatkan materi pembelajaran Fiqih (studi kasus di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kudus), yaitu : faktor internal siswa yang terdiri dari fisiologis siswa dan psikologis siswa, dan eksternal yang terdiri dari instrument diantaranya ; pendidik, sarana prasarana, kurikulum, kreativitas dan lingkungan sosial budaya. 3) Evaluasi pelaksanaan praktik dakwah lapangan (PDL) dalam penguatan materi pembelajaran Fiqih (studi kasus di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kudus), yaitu : evaluasi melalui portofolio, evaluasi melalui unjuk kerja (performance), dan evaluasi melalui penugasan (proyek). Beberapa usaha yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam untuk mengatasi problem yang ada yaitu dengan cara : menumbuhkan minat belajar, memperbaiki kebiasaan belajar, perhatian guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan; Praktik Dakwah Lapangan (PDL); Penguatan Materi; Pembelajaran Fiqih
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Amd Yuyun Yuyun
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:39
Last Modified: 04 Feb 2017 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item