Purwaningsih, Arum (2019) Pengaruh Metode Eksperimen Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Mi Pim Mujahidin Bageng Gembong Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (391kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (545kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (489kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (693kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (219kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (219kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI PIM Mujahidin Bageng Gembong Pati. 2). Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI PIM Mujahidin Bageng Gembong Pati. 3). Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI PIM Mujahidin Bageng Gembong Pati. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket secara langsung pada siswa kelas V di MI PIM Mujahidin sebanyak 20 siswa. Metode analisis regresi ganda dengan program olah data SPSS versi 23.0 for windows. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa. 1) Penggunaan metode eksperimen dan minat belajar pada pembelajaran IPA kelas V termasuk dalam kategori baik. Hal ini terlihat pada rata-rata masing-masing yaitu 71,65 dan 72,55. Hasil belajar siswa dalam kategori baik. Hal ini terlihat pada rata-rata yaitu sebesar 80,45. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode eksperimen dengan hasil belajar IPA kelas V dengan menggunakan persamaan Ŷ = 63,385 + 0,238 X1, dan mempunyai hubungan antara keduanya adalah positif dan cukup signifikan yaitu 0,694 termasuk dalam kategori sedang. Jadi, penggunaan metode eksperimen memberikan kontribusi sebesar 48,2%. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan hasil beajar IPA kelas V dengan menggunakan persamaan Ŷ = 65,007+ 0,213 X2, dan mempunyai hubungan keduannya adalah positif dan signifikan yaitu sebesar 0,595 termasuk dalam kategori kuat. Jadi, penggunaan minat belajar memberikan kontribusi sebesar 35,4%. 4) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode eksperimen dan minat belajar dengan hasil belajar IPA kelas V dengan menggunakan persamaan Ŷ = 60,592+ 0,182 X1 + 0,094X2, sedangkan hubungan penggunaan metode eksperimen dan minat belajar dengan hasil belajar siswa secara simultan memiliki hubungan positif dan signifikan yaitu sebesar 0,525 dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil koefisien determinasi peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dan minat belajar secara simultan memberikan kontribusi sebesar 52,5%. Dan kontribusi lain sebesar 47,5% bisa dipengaruhi melalui pola asuh orang tua, motivasi belajar, bakat siswa, lingkungan belajar, waktu belajar dan keadaaan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Eksperimen, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 03:28 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 03:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3282 |
Actions (login required)
View Item |