Wahyuni, Yulia (2019) Analisis Tingkat Kualitas Soal Pilihan Ganda Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas III MI NU Sholahiyah Pedawang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (133kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (414kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (454kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (481kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (433kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (122kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kualitas butir soal pilihan ganda pada PAS gasal mata pelajaran PKn Kelas III MI NU Sholahiyah Pedawang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2018/2019 ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasanya; 2) menganalisis kualitas butir soal pilihan ganda PAS gasal mata pelajaran PKn kelas III MI NU Sholahiyah Pedawang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2018/2019 ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif (Mixed Methods Research). Populasi dalam penelitian ini seluruh lembar jawaban siswa kelas III tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 40 lembar. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 35 lembar jawaban siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah analisis tingkat kualitas soal pilihan ganda penilaian akhir semester gasal mata pelajaran PKn kelas III MI NU Sholahiyah Pedawang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2018/2019 yang ditinjau dari aspek kualitatif (segi materi, konstruk, dan bahasa) dan kuantitatif (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Data kualitataif dianalisis menggunakan teknik analisis menurut Gregory. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan program bantuan Anates V4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, soal pilihan ganda yang dianalisis ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memiliki validitas isi berkategori tinggi. Kualitas soal pilihan ganda ditinjau dari aspek validitasnya yaitu terdapat 19 (54,3%) soal berkategori sangat signifikan, 7 (20%) soal berkategori signifikan, dan 9 (25,7%) soal berkategori tidak signifikan. Penghitungan aspek reliabilitasnya diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,80 dengan kriteria sangat tinggi. Aspek tingkat kesukaran yaitu terdapat 3 (8,6%) soal berkategori sukar, 14 (40%) soal berkategori sedang, dan 18 (51,4%) soal berkategori mudah. Aspek daya pembedanya yaitu terdapat 6 (17,1%) soal berkategori jelek, 15 (42,9%) soal berkategori cukup, 13 (37,1%) soal berkategori baik, dan 1 (2,9%) soal berkategori sangat baik. Aspek efektivitas pengecoh yaitu terdapat 13 (37,1%) soal berkategori baik, 14 (40%) soal berkategori cukup baik, 5 (14,3%) soal berkategori kurang baik, dan 3 (8,6%) soal berkategori tidak baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Soal Pilihan Ganda, Mata Pelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 02:42 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 02:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3294 |
Actions (login required)
View Item |