Enggani, Meita (2019) ImplementasiMetode Recollection Smart Teaching dalam membentuk Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri 2 Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (298kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (313kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (340kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (495kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (393kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (609kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (288kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
Abstract
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Pertama: untuk mendeskripsikan mata pelajaran Aqidah Akhlak melalui implementasi metode Recollection Smart Teaching Kedua: Untuk mengetahui Perilaku belajar siswa setelah Recollection Smart Teaching (RST), dalam kegiatan pembelajaran Aqidah Akhlak dengan penerapan metode Recollection Smart Teaching (RST). Ketiga: Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Recollection Smart Teaching pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana peneliti langsung terjun ke lapangan dan melihat kondisi alamiah. Sumber data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu kepala madrasah, Guru Aqidah Akhlak dan peneliti, dan data sekunder yaitu RPP, keadaan guru dan peserta didik, sarana prasarana dan keadaan madrasah dan data yang terkait.Pengumpulan data yang peneliti lakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di MTs Negeri 2 Kudus.Uji keabsahan data dilakukan dengan cara teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga langkah. Pertama, yaitu mereduksi data. Kedua, penyajian/display data. Ketiga, verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode Recollection smart Teaching (RST) oleh guru Aqidah Akhlak berjalan sangat efektif dan baik sesuai dengan langkah-langkah yang ada. Kedua, perilaku belajar pada penerapan metode Recollection smart Teaching (RST) dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak yaitu : 1. Kebiasaaan, kebiasaan peserta didik di dalam kelas saat proses pembelajaran, 2. Keterampilan, keterampilan peserta didik dalam teliti pada menjawab soal dan keterampilan dalam motoric pada peserta didik, 3. Pengamatan, 4. Berfikir asosiatif dan daya ingat. Ketiga, faktor pendukung dalam penerapan metode Recollection smart Teaching (RST) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yaitu: 1. Motivasi guru, 2. Rasa ingin tahu peserta didik, 3. Iklim sosial, 4. Sarana prasarana. Adapun yang menjadi faktor penghambatnya yaitu: 1.tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda, 2. Peserta didik tidak konsentrasi, 3. Persiapan guru yang kurang matang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Recollection Smart Teaching, Aqidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 02:54 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 02:54 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3321 |
Actions (login required)
View Item |