Arfiyanti, Armi (2019) Implementasi Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas VIII di MTs Al-Muttaqin Rengging Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (298kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (398kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (398kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (518kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (436kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (561kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (313kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan peneliti dengan melakukan meningkatkan ketekunan, triangulasi data, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan melakukan member check. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Implementasi strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan peserta didik yang meningkat. Suasana dalam proses pembelajaran juga tetap aktif dan kondusif serta peserta didik memiliki antusias yang tinggi. Dalam penggunaan strategi PQ4R peserta didik dituntut untuk aktif, terutama dalam hal membaca, mengingat, memahami, bertanya, menjawab, menulis, maupun mendengarkan. (2) Faktor pendukung dari implementasi stratei PQ4R yaitu siswa dan guru dalam mengikuti proses pembelajaran dapat bekerja sama dengan baik serta menjadikan siswa aktif dan tetap kondusif selama proses pembelajaran sehingga memudahkan jalannya proses pembelajaran. Kemudian, guru dalam menjelaskan materi mudah dipahami oleh siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya waktu dalam mengimplementasikan strategi PQ4R. Selain itu juga bahan ajar yang digunakan kurang, hanya menggunakan dua referensi, yaitu dari buku paket Kementerian Agama dan juga LKS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R), Keaktifan Belajar Siswa, Mata Pelajaran SKI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 03:45 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 03:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3327 |
Actions (login required)
View Item |