Setyanengsih, Novia Rizki Fajar (2019) Membentuk Karakter Cinta Tanah Air Anak Usia Dini Melalui Metode Menyanyi Lagu Wajib Nasional Di Kelompok B RA Darul Muqomah Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (358kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (102kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (207kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan membentuk karakter citnta tanah air anak usia dini melalui metode menyanyi lagu wajib nasional di kelompok B RA Darul Muqomah Bulung Kulon Jekulo Kudus, beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian kualititif, dengan menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan mencari dan menyusun data secara sistematis yang diperoleh dari hasil observasi, hasil wawancara sehingga mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Membentuk karakter cinta tanah air anak usia dini melalui metode menyanyi lagu wajib nasional dilakukan melalui proses persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun proses pelaksanaannya adalah: a) memberi pengetahuan tentang cinta tanah air berdasarkan makna yang terkandung didalam lagu, b) menanamkan perasaan cinta tanah air melalui penyampaian pesan dan informasi dari makna lagu yang dinyanyikan, c) mengajak peserta didik untuk menerapkan sikap karakter cinta tanah air dalam kesehariannya, 2) Faktor pendukung dalam membentuk karakter cinta tanah air melalui metode menyanyi lagu wajib nasional yaitu, profesionalisme guru yang terwujud dari kreativitas guru, ketelatenan dan kesabaran guru dalam membimbing dan memberi pengarahan kepada peserta didik terkait karakter cinta tanah air. Adapun faktor pendukung dari peserta didik yaitu kekompakan peserta didik ketika menyanyi, semangat peserta didik dalam bernyanyi, dan antusias peserta didik dalam menjawab pertanyaan dari guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemampuan peserta didik dalam menerima materi, konsentrasi peserta didik ketika di kelas, dan pengalaman peserta didik saat di lingkungan rumah/ masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Cinta Tanah Air, Lagu Wajib Nasional. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 02:50 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 02:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3334 |
Actions (login required)
View Item |