Maghfiroh, Ulfatun (2019) Penerapan Metode Talking Stick dalam upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaraan Aqidah Akhlak Kelas VII di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (921kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (9MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (846kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (879kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Metode talking stick pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs NU Al-Falah tanjungrejo jekulo Kudus tahun pelajaran 2019/2020. 2) Prestasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs NU Al-Falah tanjungrejo jekulo Kudus tahun pelajaran 2019/2020. 3) Penerapan metodetalking stick dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlak dengan menggunakan metode kelas VII di MTs NU Al-Falah tanjungrejo jekulo Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke tempat penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan studi lapangan untuk memperoleh data di kelas VII A dengan jumlah siswa 22 siswa mengenai penerapan metode talking stick dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik, Observasi, Wawancara dengan guru mata pelajaran AkidahAkhlak, peserta didik, Waka kurikulum dan kepala madrasah dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi Reduksi Data (data reduction), Penyajian Data (data display)dan Penarikan kesimpulan (Verification). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Metode talking stick pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Menurut peneliti dikategorikan efektif. Hal ini ditunjukkan adanya respon dan interaksi harmonis antara peserta didik dengan pendidik dan peserta didik dengan peserta didik. hal ini membuktikan bahwa metode talking stick ini sangat relevan dengan mata pelajaran Aqidah Akhlak. 2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Menurut peneliti dikategorikan signifikan, hal ini ditunjukkan adanya perubahan perilaku yaitu interaksi yang baik antara peserta didik dengan pendidik, peserta didik dengan tata usaha sekolah, terciptanya sikap komunikatif antar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai mata pelajaran Aqidah Akhlak rata-rata 80 yang mencerminkan perilaku yang baik. 3) Penerapan metode talking stick dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Menurut peneliti dikategorikan efektif dan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan uraian jawaban nomor 1 dan 2, dan hal ini di dukung dengan nilai siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak rata-rata: 80 diatas nilai rata-rata KKM: 70.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Talking Stick, Prestasi Belajar, Aqidah Akhlak. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 04:06 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 04:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3355 |
Actions (login required)
View Item |