Zulaikhah, Lilik (2020) Peran Komunikasi Interersonal Guru Dalam Menumbuhkan Karakter dan Motivasi Belajar Siswa Kelas 2 MI Tamrinus Sibyan 2 Bangsri Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (780kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (153kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (212kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (101kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (198kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari observasi peneliti bahwa guru kelas dua Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan karakter dan motivasi belajar siswa, tidak dapat dilakukan dengan komunikasi secara klasikal. Guru kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah diharuskan memiliki kemampuan berkomunikasi secara interpersonal kepada siswa guna dapat menumbuhkan karakter dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendapatkan diskripsi mendalam tentang peran komunikasi interpersonal guru dalam menumbuhkan karakter dan motivasi belajar siswa kelas 2 MI Tamrinus Sibyan 2 Bangsri Jepara. (2) Mendapatkan diskripsi mendalam tentang kendala komunikasi interpersonal guru dalam menumbuhkan karakter dan motivasi belajar siswa kelas 2 MI Tamrinus Sibyan 2 Bangsri Jepara. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara kepada kepala madrasah, guru kelas 2, dan 10 peserta didik kelas 2. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, Peran komunikasi interpersonal guru dalam menumbuhkan karakter dan motivasi belajar siswa kelas 2 MI Tamrinus Sibyan 2 Bangsri Jepara. Komunikasi interpersonal yang baik terbentuk dari hubungan interpersonal yang baik. Hubungan interpersonal yang baik harus didukung sikap positif berkomunikasi. Komunikasi yang dilakukan guru berupa komunikasi langsung (tatap muka) dan komunikasi jarak jauh melalui media. Komunikasi interpersonal yang dilakukan guru berupa percakapan, wawancara, dan konseling. Dengan adanya komunikasi interpersonal yang bermakna ditambah dengan hubungan interpersonal yang terjaga dan didukung dengan sikap positif dalam berkomunikasi menjadikan guru dapat menumbuhkan karakter dan motivasi belajar siswa kelas 2 MI Tamrinus Sibyan 2 Bangsri Jepara. Kedua, kendala komunikasi interpersonal guru dalam menumbuhkan karakter dan motivasi belajar siswa kelas 2 MI Tamrinus Sibyan 2 Bangsri Jepara dapat berasal dari (1) Komunikator kurang memahami komunikan dan komunikator kurang nyaman berkomunikasi dengan komunikan (2) Media yang digunakan terpengaruh signal, fasilitas media, aplikasi yang terdapat di media, dan media milik bersama orangtua. (3) Komunikan yang kurang mendengar, komunikan gugup, berburuk sangka, adanya perbedaan persepsi, dan verbalistik (komunikan tidak memahami bahasa komunikator).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Interpersonal Guru, Karakter, Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 07:19 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 07:19 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3626 |
Actions (login required)
View Item |