Fahrin, Tiara (2020) Pengaruh Efektivitas Product Placement Menggunakan EPIC Model Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Product Placement Sasa dalam Acara MasterChef Indonesia Season 6 di Kota Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (798kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (282kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (328kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (480kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (384kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (443kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (639kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (291kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan studi korelatif antara efektivitas product placement dengan keputusan pembelian. Di mana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas dari product placement yang ditayangkan oleh Sasa pada acara MasterChef Indonesia Season 6 yang tayang pada akhir tahun 2019 di salah satu stasiun televisi swasta yaitu RCTI. Dalam penelitian ini digunakan EPIC model sebagai media dalam menentukan kadar keefektifan product placement. Dalam EPIC model terdapat empat dimensi kritis yaitu emphaty, persuasion, impact, dan communication. Kemudian keempat dimensi yang mencerminkan keefektifan product placement tersebut dihubungkan dengan suatu keputusan pembelian yang terbentuk. Maka akan diketahui hubungan antara efektivitas product placemnet Sasa terhadap keputusan pembelian. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 100 orang responden yang merupakan masyarakat di Kota Jepara yang telah menyaksikan MasterChef Indonesia Season 6 dan melihat product placement yang ditayangkan oleh Sasa. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan bantuan aplikasi SPSS ver. 16 serta menunjukkan hasil bahwa product placement Sasa dikategorikan sebagai iklan yang efektif berdasarkan EPIC model yaitu berada pada tingkat 4,01. Dengan rician dari keempat dimensinya adalah emphaty (3,89), persuasion (4,00), impact (4,06), dan communication (4,10). Keefektifan product placement menggunakan EPIC model juga memengaruhi keputusan pembelian secara parsial oleh dimensi persuasion serta secara simultan oleh keempat variabel pada taraf 48,4%, sementara 51,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Product Placement, EPIC Model dan Keputusan Pembelian |
Subjects: | Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen Bisnis > Manajemen Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 03:04 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 03:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3838 |
Actions (login required)
View Item |