KUN MUHANDIS, MOHAMMAD (2016) KONSEP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBENTUK ETIKA PESERTA DIDIK MENURUT HABIB ZEIN BIN IBRAHIM BIN SMITH DALAM KITAB MANHAJ AS SAWIY. Undergraduate thesis, stain kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. Bab 1.pdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. Bab 2.pdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. Bab 3.pdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. Bab 4.pdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
8. Bab 5.pdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Pemikiran Habib Zein bin Ibrahim bin Smith tentang kepribadian guru dalam kitab Manhaj as-Sawiy. 2. Konsep kepribadian guru dalam kitab Manhaj as-Sawiy karya Habib Zein bin Ibrahim bin Smith. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Hermeneutik dan Content Analysis. Penerapan metode Hermeneutik yaitu : pertama-tama penulis menyajikan apa adanya teks tersebut, kemudian menguraikan data-data terkait biografi pengarangnya, baik beberapa buah karyanya, backgroundnya maupun konteks sosial saat teks tersebut lahir. Selanjutnya setelah melalui proses content analisys, penulis menelaah isi pesan yang ada dalam kitab Manhaj as-Sawiy. Dalam kondisi ini Hermeneutik memerankan peran dirinya sebagai sebuah metode yang menafsirkan atau menginterpretasikan. Kemudian metode content analysis akan mengungkapkan isi kitab Manhaj as-Sawiy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab Manhaj as-Sawiy menjelaskan secara detail tentang kepribadian guru untuk menjadikan dirinya sebagai panutan bagi peserta didiknya. Ini merupakan salah satu karangan dari Habib Zein bin Ibrahim bin Smith terkait tentang ketasawwufan guru dalam kehidupan sehari-harinya. Di dalam kitab Manhaj as-Sawiy terdapat beberapa adab (kepribadian) guru, yaitu : adil, la adry, zuhud, tawadhu, mempunyai jiwa sosial tinggi, dan lemah lembut kepada peserta didik. Ini merupakan sarana interaksi antara guru dengan peserta didiknya, untuk memudahkan seorang guru dalam proses belajar mengajar dan mencontohkan kepada peserta didik dalam mengaplikasikan pembelajaran yang sudah didapat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian Guru: Habib Zein bin Ibrahim bin Smith: Kitab Manhaj as-Sawiy |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2017 05:24 |
Last Modified: | 04 Feb 2017 05:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/385 |
Actions (login required)
View Item |