Upaya Peningkatan Kompetensi Personal dan Kompetensi Profesional Guru di MI NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Lutfiyati, Ayu (2020) Upaya Peningkatan Kompetensi Personal dan Kompetensi Profesional Guru di MI NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (808kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (347kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (393kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (541kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (313kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (623kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Kompetensi personal dan kompetensi profesional merupakan sebagian kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Jenis penelitian ini adalah field research dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan (conclution drawing dan verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk kompetensi personal guru MI NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus adalah taqwa kepada Allah SWT., jujur, disiplin, bertanggung jawab, sabar, dan adil, sedangkan bentuk-bentuk kompetensi profesionalnya yaitu Memiliki pengetahuan tentang materi yang akan disampaikan di kelas dan mengidentifikasi suasana belajar di kelas, mempunyai kemampuan terkait strategi pembelajaran, dan memiliki kemampuan yang terkait peningkatan kualitas kerja. 2) Upaya peningkatan kompetensi personal dengan cara mematuhi amanah peraturan Mendiknas yaitu bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia; dapat menampilkan diri sebagai pribadi yang adil, jujur, berakhlak mulia dan teladan bagi siswa; menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa; mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi, percaya diri, dapat bekerja mandiri secara profesional; dapat memahami dan menerapkan kode etik profesi guru serta dapat berperilaku sesuai dengan kode etik guru dan profesional. Upaya peningkatan kompetensi profesional dengan pengembangan diri yang meliputi diklat fungsional atau kegiatan kolektif guru yang bertujuan meningkatkan kompetensi dan keprofesian guru; mengikuti kegiatan seminar, workshop, penataran tentang pendidikan yang dapat menambah wawasan agar dapat meningkatkan kualitas kinerjanya sebagai seorang pendidik yang profesional; dan melakukan evaluasi dengan cara mengukur kemampuan dalam penyusunan RPP, kemampuan merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif, pemilihan sumber belajar dan strategi pembelajaran, penguasaan materi pelajaran dan melakukan penilaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru, Kompetensi personal, kompetensi profesional
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Apr 2021 06:20
Last Modified: 15 Apr 2021 06:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3888

Actions (login required)

View Item View Item