Shofa, Nida Amalia (2020) Reinforcement Skill Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 MI NU Suryawiyyah Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (710kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (682kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (960kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (723kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid 19. Dan Bagaimana pemberian reinforcement skill untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari data primer yaitu dengan wawancara kepada kepala sekolah, guru wali kelas VI dan siswa kelas VI. Adapun data sekunder diperoleh dari hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi; triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Analisis data yang digunakan yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring, mayoritas siswa kelas VI memiliki motivasi belajar yang kurang, di antaranya siswa kurang bersemangat, kurang antusias, dan banyak kendala dalam pembelajaran daring. Untuk mengatasi kendala tersebut Ibu Eni Istatik, S.Pd.I mempunyai langkah-langkah untuk mendorong motivasi belajar siswa yaitu meningkatkan kualitas guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, memilih metode yang tepat, memaksimalkan fasilitas pembelajaran daring, memanfaatkan penggunaan media, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Motivasi yang didorong oleh Ibu Eni Istatik, S.Pd.I bertujuan untuk memancing konsentrasi siswa dalam belajar. Di samping itu, dalam memberikan penguatan (reinforcement), Ibu Eni Istatik, S.Pd.I memberikan penguatan dalam bentuk penguatan verbal dan nonverbal. Penguatan verbal dinyatakan Ibu Eni Istatik, S.Pd.I dengan bentuk yaitu kata-kata, kalimat, dan tindakan. Penguatan nonverbal diungkapkan dalam bentuk isyarat, penguatan dengan cara mendekati siswa, penguatan dengan memberikan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, penguatan berupa simbol dan benda dan penguatan tidak penuh. Keterampilan memberi penguatan (reinforcement skill) dilakukan Ibu Eni Istatik, S.Pd.I bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid 19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reinforcement Skill (Keterampilan Penguatan), Motivasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 02:17 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 02:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4053 |
Actions (login required)
View Item |