Analisis Gaya Mengajar Guru pada Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik Terpadu di MI Nahdlatul Ulama, Gribig, Gebog, Kudus

Pebrianti, Rizki Ayu (2020) Analisis Gaya Mengajar Guru pada Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik Terpadu di MI Nahdlatul Ulama, Gribig, Gebog, Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (940kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (356kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (759kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan serta gaya mengajar guru dalam penerapaan model pembelajaran tematik terpadu di MI Nahdlatul Ulama Gribig. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan studi langsung ke lapangan terhadap beberapa subyek diantaranya guru kelas I, II dan III serta kepala madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan multimetode diantaranya adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan pengamatan secara langsung pada proses pembelajaran mata pelajaran tematik di kelas I, II dan III. Sementara wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru kelas I, II, dan III. Dokumentasi baik foto maupun data tentang kegiatan pembelajaran mata pelajaran tematik serta profil sekolah diperoleh dari kepala sekolah, guru kelas, dan hasil pengamatan peneliti. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan model pembelajaran tematik terpadu cenderung menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab. Pada proses pembelajarannya, media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis serta sumber belajar yang dipakai adalah buku Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Tematik. (2) Gaya mengajar yang dimiliki oleh guru didominasi dengan gaya mengajar klasik, teknologis, dan personalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Gaya Mengajar Guru dan Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 May 2021 03:19
Last Modified: 07 May 2021 03:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4140

Actions (login required)

View Item View Item