Handayani, Rina Puji Astuti (2020) Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Koran Bekas Untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBdP) di MI NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2010. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (548kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (196kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (216kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (310kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (694kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (248kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (496kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (139kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kreativitas guru dalam menggunakan media koran bekas untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya di MI NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menggunakan media koran bekas untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya di MI NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kuailitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas V, dan peserta didik kelas V. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan objek keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kreativitas guru di MI NU Islahussalafiyah Getassrabi Gebog Kudus dalam menggunakan media koran bekas pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) sangat beragam diantaranya dengan membuat kerajinan tangan berupa pembuatan bingkai foto atau pigura, jam dinding, tempat permen dan tas keranjang dari koran bekas. Inovasi yang dihadirkan guru dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya dapat meningkatkan keterampilan psikomotorik peserta didik serta menjadikan peserta didik lebih terampil dalam membuat anyaman atau kerajinan tangan dari koran bekas, seperti halnya pembuatan bingkai foto atau pigura, jam dinding, tempat permen dan tas keranjang, 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menggunakan media koran bekas untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik peserta didik pada pembelajaran seni budaya dan prakarya diantaranya yaitu faktor pendukungnya meliputi: keinginan guru dalam menciptakan ide-ide baru, minat atau antusias belajar peserta didik, fasilitas atau sarana dan prasarana madrasah, serta adanya dukungn atau suport dari teman sejawat (guru). Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: perbedaan karakter peserta didik, waktu pelajaran, suasana kelas yanssg tidak kodusif, serta kemampuan belajar peserta didik yang belum maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru, Media Koran Bekas, Keterampilan Psikomotorik, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 May 2021 01:29 |
Last Modified: | 17 May 2021 01:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4162 |
Actions (login required)
View Item |