Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas III MI Tarbiyatul Falah Karanglegi Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2020/2021

Hamidah, Nur (2020) Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas III MI Tarbiyatul Falah Karanglegi Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (468kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (151kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (475kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian belajar siswa kelas III di MI Tarbiyatul Falah Karanglegi Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mendeskripsikan kedisiplinan dan kemandirian siswa kelas III di MI Tarbiyatul Falah Karanglegi Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. (3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian belajar dengan pola asuh orang tua kelas III di MI Tarbiyatul Falah Karanglegi Trangkil Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melalukan wawancara kepada kepala madrasah, wali kelas III, peserta didik kelas III, dan wali murid kelas III. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Pola asuh orang tua di MI Tarbiyatul Falah Karanglegi Trangkil Pati memiliki tipologi yang berbeda dalam menerapkan pola asuh kepada anak-anaknya, yaitu (a) pola asuh otoriter (b) pola asuh permisif (c) pola asuh demokratis, dan (d) pola asuh situsional. Orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter ada 5 orang tua, yaitu Ibu Supartini, Ibu Nurhayati, Ibu Rohani Asih, Ibu Hartini, dan Ibu Rini Astuti. Orang tua menerapkan pola asuh permisif, yaitu Ibu Jasmi dan Ibu Siti. Orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis yaitu, Ibu Supartini. Dan orang tua menerapkan pola asuh situasional yaitu, Ibu Muntamah dan Bapak Jumani. (2) Kedisiplinan ada 2 macam, yaitu (a) disiplin waktu, meliputi tepat waktu, mulai dan selesai belajar di rumah dan di sekolah tepat waktu, tidak meninggalkan kelas/membolos saat pelajaran, dan menyelesaikan tugas sesuai waktu yang ditetapkan. Pembelajaran di rumah, tepat waktu menyelsaikan tugas sesuai yang diberikan oleh guru. (b) disiplin perbuatan, meliputi taat peraturan yang berlaku, rajin belajar, tidak jujur, mandiri. Sedangkan kemandirian belajar siswa memiliki inisiatif sendiri, tanpa bantuan orang lain, bertanggungjawab. Siswa-siswi di kelas III MI Tarbiyatul Falah dalam kedisiplinan dan kemandirian belajar ada yang kurang, dilihat dari disiplin waktu, disiplin perbuatan, inisiatif belajar, dan rasa tanggungjawab siswa dalam belajar maupun dalam sikap lainnya. Pola asuh otoriter memiliki peraturan tata tertib, pendapat dan nasehat orang tua harus ditaati dan dilakukan oleh anak. Pola asuh otoriter berdampak menjadi disiplin dan mandiri akan tetapi anak tidak memiliki hak dan pendapat untuk menentukan apa yang ia inginkan. Pola asuh permisif memberikan kebebasan kepada anak dan memiliki hak pilihannya sendiri, anak akan menjadi malas belajar karena tidak disiplin tepat waktu dan tidak mandiri karena belum ada inisiatif untuk belajar sendiri. Pola asuh demokratis merawat dan mendidik anak dengan memberikan keputusan atau keinginan anak dan orang tua dengan mempertimbangkan kedua belah pihak. Orang tua dan anak saling berkomunikasi dengan baik. Anak menjadi lebih disiplin dan mandiri. Dan pola asuh situasional, orang tua memberikan hak dan kebebasaan sesuai kemauan orang tua dan kemauan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2021 01:43
Last Modified: 25 May 2021 01:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4251

Actions (login required)

View Item View Item