Najib, Ainun (2020) Penerapan Metode Musyafahah dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an di MA NU 3 Ittihad Bahari Bonang Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover s.d Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (735kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (669kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (788kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (655kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (675kB) |
Abstract
Metode musyafahah merupakan suatu metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan pelaksanaan guru dan peserta didik berhadap-hadapan secara langsung, tatap muka dan individual. Penetapan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode musyafahah merupakan sebuah bentuk pendampingan bagi peserta didik untuk meningkatkan kefasihannya dalam membaca Al-Qur’an. Kefasihan peserta didik yang meningkat ditunjukkan dengan ketepatannya dalam membaca Al-Qur’an. Pelafalan ayat Al-Qur’an yang tepat harus benar dalam suara, makhroj dan sifatnya, sehingga harus melalui pembelajaran langsung dengan guru. Fokus penelitian ini ada pada penerapan metode musyafahah dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, kefasihan peserta didik dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research). Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka. kurikulum, guru muatan lokal musyafahah dan peserta didik MA NU 3 Ittihad Bahari. Data-data tentang penerapan metode musyafahah dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusaha mengupas secara mendalam tentang penerapan metode musyafahah dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode musyafahah di MA NU 3 Ittihad Bahari sudah sesuai langkah-langkah metode musyafahah dan memenuhi unsur-unsur pelaksanaan metode musyafahah (2) peningkatan kefasihan membaca Al-Qur’an menggunakan metode musyafahah ditunjukkan adanya peserta didik lebih fasih dalam membaca Al-Qur’an, peserta didik lebih mudah memahami dalam melakukan waqof yang benar dalam membaca Al-Qur’an dan peserta didik lebih percaya diri dalam mengucapkan atau melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an. (3) faktor pendukung penerapan metode musyafahah yaitu bekal atau kemampuan dasar peserta didik yang baik, keinginan atau motivasi peserta didik yang tinggi, guru yang berkompeten, lingkungan keluarga yang baik, dan sarana prasarana madrasah yang memadai. Sedangkan faktor penghambat penerapan metode musyafahah di MA NU 3 Ittihad Bahari yaitu lingkungan madrasah yang gaduh atau kurang nyaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Musyafahah, Kefasihan Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat > Tajwid Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 02:08 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 02:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4326 |
Actions (login required)
View Item |