Darmini, Darmini (2020) Penerapan Media Kolase dengan Berbahan Alam dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus di Kelompok Bermain Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (757kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (302kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (444kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (289kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (417kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (192kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan media kolase dengan berbahan alam dalam meningkatkan kemampuan motorik halus di Kelompok Bermain Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan media kolase dengan berbahan alam dalam meningkatkan kemampuan motorik halus di Kelompok Bermain Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini Kepala Sekolah, Orangtua/Wali, Siswa, dan bagian Tata Usaha. Sedangkan lokasi penelitiannya di Kelompok A dan B pada KB Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data mengguanakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan pengujian keabsahan data melalui metode triangulasi dengan analisis yang dilakukan melalui pemaparan gambaran mengenai temuan data yang diteliti dilapangan dalam bentuk uraian deskriptif-induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan media kolase dengan berbahan alam di KB Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati adalah pembelajaran yang menerapkan media kolase mengacu pada RPPH. Penerapan dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: a) pendahuluan, yaitu guru menyiapkan silabus dan menyiapkan tema yang akan dipraktekkan dalam penerapan media kolase. b) inti, guru memberikan materi dan mengenalkan nama bahan alam yang akan digunakan untuk keterampilan kolase, setelah itu guru membimbing dan menjelaskan posisi menempelkan pada media kolase. c) evaluasi, setelah melakukan kegiatan bermain atau pembelajaran, guru melakukan evaluasi yang telah di lakukan untuk mengulas kembali kegiatan atau pembelajaran kolase yang telah dilaksanakan. d) penutup, yaitu guru mengulas kembali kegiatan atau pembelajaran kolase yang telah dilaksanakan dimana tujuannya agar anak memahami dan mengingat kembali suatu kegiatan atau pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk menutup rangkaian proses pembelajaran pada hari itu. 2) faktor pendukung penerapan media kolase dengan berbahan alam adalah penyediaan peralatan, lingkungan alam yang tersedia berupa : Kertas origami, Biji-bijian dan daun kering, dan partisipasi anak. Sedangkan faktor penghambat penerapan media kolase dengan berbahan alam dalam meningkatkan motorik halus anak di KB Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati, yaitu guru belum akrap dengan media kolase, dan minimnya fasilitas penunjang media kolase. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut dilakukan dengan memotivasi guru untuk selalu belajar dan memberikan pelatihan tentang media belajar yang variative, khususnya media kolase.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Kolase Berbahan Alam, Motorik Halus |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 03:49 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 03:49 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4446 |
Actions (login required)
View Item |