Qomariyah, Ani Khomsatun (2020) Analisis Peran Pola Asuh Orang Tua Untuk Membentuk Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (179kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (472kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (389kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (142kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (312kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (192kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan salah satu kecerdasan yang sangat mempengaruhi perkembangan kehidupan anak, karena 80% kesuksesan kehidupan sangat ditentukan oleh kecerdasan emosional. Perkembangan anak pada tahun-tahun awal lebih kritis dibandingkan dengan perkembangan selanjutnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masa anak-anak merupakan gambaran awal manusia sebagai manusia seutuhnya. Peran orang tua dalam perkembangan emosional anak sangat dibutuhkan, karena orang tualah yang dapat mendampingi dan mengembangkan kecerdasan anak semaksimal mungkin. Kecerdasan emosional sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Realita saat ini cukup menarik untuk diteliti, maka soseorang tersebut tentu berpeluang untuk mendapatkan prestasi belajar yang relatif rendah. Sedangkan pada kenyataannya, individu yang kurang memiliki kecerdasan emosional tinggi dapat meraih prestasi belajar yang bisa dibanggakan. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research (Penelitian Kepustakaan) melalui tinjauan historis dan psikologis paedagogis. Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan data-data yang terdapat diberbagai literatur. Penekanan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menemukan berbagai prinsip, dalil, teori, pendapat dan gagasan dari data primer maupun data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh orang tua dalam membentuk kecerdasan emosional anak sangat berpengaruh terhadap hasil belajar. Dalam memberikan emosi kepada anak diperlukan emosi yang stabil bagi para orang tua. Langkah atau strategi dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak untuk meningkatkan hasil belajar yaitu (1) Menyadari emosi anak, (2) Mendengarkan dan berempati kepada perasaan anak (3) Menganggap emosi anak sebagai suatu kesempatan untuk akrab dan mendidik (4) Membantu anak untuk menyebutkan emosi secara verbal (5) Menghindari kritik berlebihan, komentar menghina dan menertawakan (6) Memberikan pujian kepada anak (7) Memberikan pilihan dan menghormati keinginan anak (8) Mendidik anak dengan sabar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Perilaku Sosial Emosional Anak, dan Hasil Belajar |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 02:17 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 02:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4481 |
Actions (login required)
View Item |