Amaliana, Diana Nurul (2020) Upaya Guru dalam penggunaan Metode Jarimatika untuk Mengatasi Kesulitan Berhitung pada Siswa Kelas III di MI NU Manafiul Ulum Pereng Prambatan Lor Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. cover - kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (456kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (649kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (359kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (798kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (226kB) |
|
Text
9. daftar pustaka.pdf Download (300kB) |
Abstract
Metode jarimatika merupakan sebuah cara sederhana dan menyenangkan untuk mengajarkan berhitung dasar kepada anak-anak dengan menggunakan jari-jari tangan. Metode jarimatkia digunakan pada siswa MI agar mempermudah siswa dalam berhitung. Tujuan digunakan metode ini sebagai upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan berhitung siswa yang mengalami kesulitan berhitung. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui upaya guru (2) mengetahui kendala-kendala. (3) mendapatkan solusi dalam mengatasi kendala – kendala saat penggunaan metode jarimatika untuk mengatasi kesulitan berhitung siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field reseach, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer meliputi kepala MI, guru kelas dan siswa. sumber data sekunder yaitu dokumen tentang sejarah berdirinya MI NU Manafiul Ulum, Visi dan Misis, Struktur orgnisasi, Kurikulum MI dan Dokumen lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan obsevasi, wawancara dokumentasi dan menganalisis data. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi, menyususn serta menarik kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Upaya penggunaan metode jarimatika untuk mengatasi kesulitan berhitung siswa kelas III di MI NU Manafiul Ulum pereng Prambatan Lor Kaliwungu Kudus berlangsung efektif, metode yang digunakan serta evaluasi yang dilakukan oleh guru dan pemahaman yang diperoleh anak dalam berhitung. (2) kendalanya membutuhkan waktu yang relatif lama pada saat pelaksanaan metode jarimatika. (3) solusi yang diterapkan yakni menambah waktu diluar jam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Metode Jarimatika, Mengatasi Kesulitan Berhitung, Siswa Kelas III |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 03:09 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 03:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4491 |
Actions (login required)
View Item |