Ahmad, Ahmad (2021) Penerapan Model Konseling Islam dengan Teknik Behavior untuk Mengatasi Tingkah Laku Membolos Pada Siswa Kelas VIII G Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (334kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (471kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (503kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (420kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (615kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (269kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian dari dilakukan ini adalah untuk mengetahui, terutama terkait dengan hal-hal : 1) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tingkah laku membolos pada siswa kelas VIII G MTs Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. 2) Bagaimanakah penerapan Konseling Islam Behavior dalam mengatasi tingkah laku siswa yang membolos? Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik nonprobability sampling. Penentuannya menggunakan purposive sampling. Jumlah informan penelitian ini sebanyak delapan informan yaitu kepala sekolah, guru BK, dan 6 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan konseling Islam dengan teknik behavior dalam megatasi tingkah laku membolos pada siswa berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya indikator sebagai berikut; pertama, berkurangnya tindakan membolos yang dilakukan oleh siswa, kedua, siswa menjadi terbiasa melakukan Sholat Dhuha, ketiga, berkurangnya tindakan-tindakan yang menyimpang di lingkungan MTs Nahdlatul Muslimin, adapun metode yang digunakan dalam proses bimbingan, pertama metode bimbingan klasik, ini ditujukan untuk merespon kebutuhan serta menampung permasalahan-permasalahn yang sedang di alami siswa-siswi di MTs Nahdlatul Muslimin. Dengan adanya metode ini para murid diharapkan mampu menyadari bahwa tindakan yang dilakukan itu adalah salah, serta para siswa diarahkan untuk mengembangkan sikap sosial, sikap memahami peranan anak, menambah wawasan keagamaan, perubahan sikap, perilaku dan akhlak, kedua metode bimbingan individual yaitu peserta didik diarahkan untuk menjadi anak yang dapat bermanfaat untuk orang tua, agama, lembaga dan negaranya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Islam, Teknik Behavior, Tindakan Membolos, Siswa |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 150.92 Psikolog |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 04:13 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 04:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4523 |
Actions (login required)
View Item |