Peran Guru dalam meningkatkan disiplin belajar anak melalui reward picture di RA Al Khuriyyah 01 Besito Gebog kudus

Mucharomah, Lailatul (2019) Peran Guru dalam meningkatkan disiplin belajar anak melalui reward picture di RA Al Khuriyyah 01 Besito Gebog kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneletian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penerapan penggunaan Reward Picture di RA Al Khurriyah 01 Besito Gebog Kudus; (2) Mengetahui dampak dari penggunaan reward picture di RA Al Khurriyah 01 Besito Gebog Kudus (3) Mengetahui Peran Guru dalam meningkatkan Disiplin Belajar anak melalui Reward Picture di RA Al Khuriyyah 01 Besito Gebog Kudus (4) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan Reward Picture di RA Al Khuriyyah 01 Besito Gebog Kudus. Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskripsi yaitu semua data yang terkumpul diperoleh dari lapangan dan berbentuk kata-kata. Subyek penelitian ini yaitu kepala sekolah RA, guru kelas dan guru pendamping B1 beserta peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data kualitatif menggunakan data yang kredibel dengan cara perpanjangangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan Triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi dilakukan melalui proses perencanaan dan pelaksanaan. Pelaksanaan pemberian reward bisa dilakukan oleh guru kepada anak di semua kegiatan dan manakala proses pembiasaan di rasa telah cukup, maka pemberian harus di akhiri; (2) dampak penggunaan Reward Picture sangat berperan bagi prestasi dan memotivasi anak dalam belajar; (3) peran guru sangat penting untuk disiplin belajar anak, sebab guru adalah faktor penting sebagai sumber belajar dan motivator anak (4) faktor pendukung dalam penggunaan Reward Picture yaitu anak lebih termotivasi dalam belajar dan jiwa saing seorang anak akan meningkat, adapun faktor penghambatnya tidak tersedianya dana RAPB (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja) untuk keperluan membeli alat permainan edukatif (APE).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Disiplin Belajar, Reward Picture
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:51
Last Modified: 29 Jun 2021 02:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4630

Actions (login required)

View Item View Item