Rofiqoh, Umi (2020) Hubungan Kecanduan Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar PAI Siswa SMK Negeri 2 Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (562kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (504kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (980kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (634kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (615kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kecanduan game online terhadap konsentrasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMK Negeri 2 Demak tahun ajaran 2020/2021, dengan sub pembahasan untuk mengetahui tingkat kecanduan game online siswa dan untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar PAI siswa. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ-3 dan XI TKJ-4, dengan jumlah 70 siswa. Sehingga didapat sampel pada penelitian ini berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive, dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran angket/ kuesioner secara online menggunakan bantuan google formulir. Angket terdiri dari 28 pernyataan pada setiap variabelnya, dengan menggunakan indikator sesuai veriabel penelitian. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas instrumen kecanduan game online dan konsentrasi belajar PAI siswa dengan menggunakan uji statistik Cronbach Alpha (>0,60). Data diuji normalitasnya dengan menggunakan rumus One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test. Setelah data-data terkumpul dan kemudian dianalisis dengan teknik korelasi person product moment. Hasil mengungkapkan bahwa tingkat kecanduan game online siswa SMK Negeri 2 Demak pada kategori sedang, begitu juga dengan konsentrasi belajar PAI-nya, yaitu dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil koefisien korelasi (r) -0,734 dengan N = 58 pada taraf signifikansi 5%, didapat harga tabel 0,2586. Artinya, rhitung > rtabel atau -0,734 > 0,2586. Jadi dapat disimpulkan bahwa kecanduan game online berhubungan negatif dan signifikan dengan konsentrasi belajar PAI siswa SMK Negeri 2 Demak tahun ajaran 2020/2021 pada kategori kuat, dengan kontribusinya sebesar 54%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecanduan Game Online, Konsentrasi Belajar |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 05:41 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 05:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4763 |
Actions (login required)
View Item |