Implementasi Public Speaking Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Santri melalui Kegiatan Eduwisata di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah

Afifah, Nailul Fitria (2020) Implementasi Public Speaking Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Santri melalui Kegiatan Eduwisata di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (568kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Masalah klasik yang sering dialami para santri setelah belajar dari pondok pesantren adalah kurang percaya diri untuk berbicara di depan publik. Penelitian ini memaparkan tentang implementasi public speaking terhadap peningkatan kepercayaan diri santri melalui kegiatan eduwisata di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah Honggosoco Jekulo Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi public speaking di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah yang pada dasarnya implementasi public speaking melalui kegiatan eduwisata ini mampu meningkatkan kepercayaan diri santri, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat, dan solusi untuk mengatasi hambatan implementasi public speaking terhadap peningkatan kepercayaan diri santri melalui kegiatan eduwisata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan berikut: 1) implementasi public speaking terhadap peningkatan kepercayaan diri santri melalui kegiatan eduwisata di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah dikonsep secara menarik. Kegiatan ini mampu melatih dan mengembangkan skill menjadi trainer, Tour Leader (pemandu wisata), dan Event Organizer (penyelenggara acara) yang sekaligus mampu mengasah ilmu public speaking bagi santri yang otomatis mampu menumbuhkan serta meningkatkan kepercayaan diri dengan seiring berjalannya waktu dan proses yang ditempuh. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi public speaking terhadap peningkatan kepercayaan diri santri melalui kegiatan eduwisata di pondok pesantren entrepreneur Al-Mawaddah Honggosoco adalah berasal dari adanya keinginan untuk mengasah dirinya agar mahir public speaking, adanya fasilitas dan sarana prasarana yang lengkap, kegiatan kultum yang diadakan di Pesantren telah melatih santri dalam kegiatan eduwisata, dan motivasi pengasuh untuk menguasai public speaking. Sedangkan faktor penghambatnya adalah santri yang masuk di Pesantren belum tentu terbekali ilmu public speaking dan tidak percaya diri karena mindset yang terlalu membatasi dan menganggap dirinya tidak bisa. 3) Solusi untuk mengatasi hambatan implementasi public speaking terhadap peningkatan kepercayaan diri santri melalui kegiatan eduwisata di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah Honggosoco Jekulo Kudus adalah kegiatan yang diadakan secara berkala setiap satu minggu sekali seperti kultum, story telling yang menjadi sebuah rutinitas yang akhirnya menjadi kebiasaan untuk menghadapi santri yang tidak percaya diri dengan kemampuannya dan perlu adanya kurikulum yang menjadi sebuah ajang penilaian dalam mengasah skill public speaking untuk mengatasi santri yang belum memiliki bekal skill public speaking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Aug 2021 05:06
Last Modified: 16 Aug 2021 05:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4912

Actions (login required)

View Item View Item