Pengembangan Bahan Ajar Bidang Studi Fiqih Berbasis Android DI MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Nisa, Fitria Khoirun (2019) Pengembangan Bahan Ajar Bidang Studi Fiqih Berbasis Android DI MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI-1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (680kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (472kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (745kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

Pada observasi awal diperoleh data bahwa pada saat pembelajaran, guru kurang memanfaatkan fasilitas sekolah, dan guru juga menggunakan media buku bahan ajar saja, dari data hasil pembelajaran fiqih siswa belum memahami pelajaran yang berkenaan dengan materi haji. Hal ini mengakibatkan sebagian siswa siswi tidak mencapai KKM yang telah diterapkan yaitu 70. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain : untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android, untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan bahan ajar berbasis android pada materi haji. Untuk mengetahui kemenarikan dan keefektifan bahan ajar berbasis android. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk dapat menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan model yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah model sugiyono. Adapun untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan, peneliti mengujinya dengan melakukan penilaian. Penilaian tersebut terdiri dari validasi ahli isi dengan hasil presentase sebesar 93%, validasi ahli desain dengan hasil presentase 96%, validasi ahli media sebesar 92%, penilaian guru mata pelajaran fiqih dengan hasil presentase 95,7%, dan angket siswa dengan hasil presentase rata rata sejumlah 95,3%. Dari kelima penilaian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan multi media android dikembangkan berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Bidang Studi Fiqih, Berbasis Android
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:28
Last Modified: 27 Aug 2021 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4967

Actions (login required)

View Item View Item