Pratywi, Yofany Amalia (2019) Implementasi Teknik Pembelajaran Indoktrinasi Muatan Lokal Ke NU an Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswi MA Mu’allimat NU Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (898kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (351kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (495kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (373kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (852kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (359kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah remaja sekarang lebih menyukai kebebasan maka dari itu perlu adanya pendidikan agar tidak mengarah ke hal – hal yang negatif, maka perlu adanya pendidikan karakter, guru haruslah menanamkan karakter yang baik kepada siswi, salah satunya dengan mengimplementasikan teknik pembelajaran indoktrinasi, caranya dengan menanamkan suatu nilai kepada siswi agar siswi tersebut dapat memiliki karakter yang sesuai dengan yang diharapkan. Nilai pendidikan karakter tersebut salah satunya terdapat dalam muatan lokal Ke NU an. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk dapat mengerti nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam muatan lokal Ke NU an di MA Mu’allimat NU Kudus. 2) Untuk dapat memahami bagaimana implementasi teknik pembelajaran indoktrinasi dalam mata pelajaran yang berbasis muatan lokal Ke NU an dalam meningkatkan pendidikan karakter siswi di MA Mu’allimat NU Kudus. 3) Untuk dapat mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan teknik pembelajaran indoktrinasi muatan lokal Ke NU an dalam meningkatkan pendidikan karakter siswi di MA Mu’allimat NU Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau field research. Sumber data primer yaitu: waka kurikulum, guru muatan lokal Ke NU, siswi MA Mu’allimat NU Kudus. Sumber data sekunder yaitu: dokumen MA Mu’allimat NU Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Pengujian keabsahan ini menggunakan uji kredibilitas, uji kredibilitas data atau kepercayaan terhadap data hasil penelitian ini diantaranya dilakukan dengan menggunkan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, Menggunakan Bahan Refrensi, Mengadakan Member Check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi teknik pembelajaran indoktrinasi dalam meningkatkan pendidikan karakter siswi di MA Mu’allimat NU Kudus teknik ini dilakukn dengan menerapkan keyakinan – keykinan tertentu kepada siswi, teknik ini juga berkaitan erat dengan teknik ceramah dan teknik tanya jawab. 2) Nilai – nilai pendidikan karakter yang ada dalam muatan lokal Ke NU an yaitu religius, tanggung jawab, toleransi, cerdas, santun serta sabar. 3) Kendala – kendala implementasi teknik pembelajaran indoktrinasi dalam meningkatkan pendidikan karakter siswi di antaranya kendala yang berada dalam pembelajaran yaitu malas, mengantuk,tidak mood, banyaknya tugas guru, gangguan fasilitas, kendala yang lebih menekankan kepada peningkatan pendidikan karakter siswi yaitu kondisi psikologis, latar belakang keluarga, karakter yang berbeda, geng – gengan antar siswi, dan presepsi orang lain
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik pembelajaran indoktrinasi, Muatan lokal Ke NU an, Pendidikan Karakter |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 02:35 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 02:35 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4970 |
Actions (login required)
View Item |