Dinana, Akmil (2019) Penerapan Metode Pembiasaan Membaca Alqur’an di MA Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER- KATA PENGANGATAR.pdf Download (12MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (338kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (10MB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (10MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (10MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (10MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (10MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (10MB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Penerapan metode Pembiasaan membaca Alqur’an di MA Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus, 2) Peran guru AlQur’an Hadits dalam menerapkan metode pembiasaan membaca Alqur’an di MA Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus 3) Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan metode pembiasaan membaca al Qur’an di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus,pengumpulan data tersebut di peroleh dengan metode observasi pada penerapan metode pembiasaan membaca al Qur’an, wawancara dengan kepala madrasah, guru al Qur’an Hadits serta peserta didik, dan metode dokumentasi yang diperoleh yaitu foto- foto dalam kegiatan penerapan metode pembiasaan membaca al Qur’an. Menetapkan keabsahan datanya dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi waktu, triangulasi sumber,triangulasi teknik, sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Penerapan metode pembiasaan membaca al Qur’an di MA Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus, yaitu Mengintegrasikan Pembiasaan membaca al Qur’an dengan Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits, Mengadakan program mengaji sebelum KBM di mulai dan istighosah bersama yang di lakukan di depan kelas masing-masing, mengadakan ekstra mengaji untuk peserta didik yang belum bisa membaca Al Qur’an yang di bimbing oleh Guru Al Qur’an Hadits. 2). Peran Guru Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits dalam menerapkan metode pembiasaan membaca Al Qur’an di MA Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus, yaitu guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai mediator atau fasilitator, guru sebagai evaluator.3). Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode pembiasaan membaca al Qur’an di MA Ahmad Said Mejobo Kudus yaitu faktor pendukung dalam penerapan metode pembiasaan membaca al Qur’an di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus yaitu adanya fasilitas madrasah yang memadai, adanya program Madrasah yang mendukung, minat. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan metode pembiasaan membaca alQur’an di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus yaitu: sifat malas yang sering terjadi pada peserta didik, latar belakang peserta didik yang berbeda- beda, pengaruh negative teknologi pada zaman sekarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, membaca al Qur’an, Ekstra Mengaji |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 02:53 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 02:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4974 |
Actions (login required)
View Item |