Fitriati, Ruiyatul (2021) Representasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI, dan XII Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (618kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (633kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (910kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (817kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (578kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (777kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi mendalam tentang tentang muatan nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X, XI, dan XII kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud, dan memberikan gambaran mengenai nilai-nilai toleransi yang ditampilkan pada buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X, XI, dan XII kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Metode penelitian ini adalah metode analisis wacana kritis (Critical discourse analysis). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X, XI, dan XII kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data telaah dokumen atau biasa disebut dengan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Muatan nilai-nilai toleransi yang dikembangkan dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI, dan XII Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud belum proporsional, dimana tidak semua nilai toleransi dalam gambar visual pada uraian materi dalam setiap pokok bahasan diakomodasi, dan merata, serta porsi muatan masing-masing belum seimbang. (2) Tampilan Nilai-nilai toleransi dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, XI, dan XII Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud penting untuk diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam demi sebuah proporsionalitas dan proses transfer nilai, keterampilan atau informasi (pengetahuan) yang di sampaikan secara formal sehingga menghasilkan efek positif terhadap lingkungan dan menjadi modal awal yang berharga utamanya bagi peserta didik dalam menerapkan hubungan sosial dengan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Toleransi, Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 04:13 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 04:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5021 |
Actions (login required)
View Item |