Pembiasaan Shalat dhuha Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII Di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Kabupaten Demak

Ningrum, Fitria Ayu (2021) Pembiasaan Shalat dhuha Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII Di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (305kB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (208kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (783kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (756kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (304kB)
[img] Text
9. Daftar isi.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung setelah melaksanakan pembiasaan shalat dhuha. Hal ini dirasa perlu diungkap oleh peneliti karena melihat permasalahan di masyarakat mengenai merosotnya karakter maupun moral siswa yang mengarah pada emosional siswa yang berakibat pada kenakalan siswa tersebut. Subjek penelitian ini adalah 12 orang dengan pembagian 9 siswa kelas VIII, Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan dan Guru PAI. Teknik Pengumpulan data nya yaitu data tentang pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk kecerdasan emosional siswa yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pembiasaan yang diterapkan di MTs Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak adalah shalat dhuha yang dilaksanakan secara berjamaah setiap hari yaitu Sabtu – Kamis dimulai pada pukul 6.45 – 7.15 WIB dan bersifat wajib diikuti oleh seluruh siswa. Sebelum pelaksanaan shalat dhuha, guru memimpin untuk membaca Asmaul Husna, shalawat, kitab Nadhom, dan surat Yasin. Dampak pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk kecerdasan emosional bagi siswa yaitu siswa lebih disiplin waktu, kemudian dapat membuat hati menjadi tenang, lebih fokus terhadap pembelajaran di kelas, diajarkan untuk dapat mengontrol emosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Shalat dhuha, Kecerdasan Emosional
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia > IQ, EQ, ESQ
Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Shalat
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:45
Last Modified: 02 Sep 2021 02:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5034

Actions (login required)

View Item View Item