Muntiah, Siti (2021) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Karakter Jujur, Disiplin dan Percaya Diri Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Mts Winong Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (994kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (348kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (435kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (623kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (561kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (759kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (357kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran inquirY terbimbing pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Pati. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter jujur, disiplin dan percaya diri peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Pati tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Pati, yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII A samapai VIII F sejumlah 152, kemudian diambil sampel 34 dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan taraf kesalahan 15%. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran inquiry terbimbing dalam kategori baik, yaitu 120 pada rentang interval 108-121. Karakter jujur, disiplin dan percaya diri peserta didik kelas VIII pada MTs di Pati dalam kategori baik yaitu sebesar 105 pada rentang interval 105-118. Terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran inquiry terbimmbing terhadap karakter jujur, disiplin dan percaya diri peserta didik kelas VIII di MTs Pati, dengan persamaan regresi Ŷ = 71,128 + 0,317 X. adapun strategi pembelajaran inquiry terbimbing ini memiliki hubungan positif dan signifikan sebesar 0,381 yang termasuk dalam kategori rendah dan dapat memberi kontribusi bagi peserta didik dalam mengembangkan karakter peserta didik sebesar 14.5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Inquiry terbimbing , Karakter Peserta Didik, Pembelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 02:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 02:44 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5087 |
Actions (login required)
View Item |