Zuhdi, Muhammad Bahtiar (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (346kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (559kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (676kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (398kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (919kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (370kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
Abstract
Pembentukkan karakter adalah salah satu tujuan dari pendidikan, dan adanya pembelajaran muatan lokal akhlak ini menjadi salah satu upaya dalam membetukan karakter, karena didalam pembelajaran muatan lokal akhlak materinya secara spesifik dan keseluruhan materinya membahas tentang akhlakul karimah yaitu perilaku yang yang baik yang harus dimilki dalam diri seorang siswa. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran muatan lokal akhlak dalam membentuk karakter siswa MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati, serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat pada pelaksanaan pembelajaran muatan lokal akhlak dalam membentuk karakter siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Madrasah Tsanawiyah Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Muatan Lokal Akhlak, dan Siswa MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, kemudian penyajian data, dan dilanjutkan dengan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran muatan lokal akhlak dalam membentuk karakter siswa, sudah sesuai dengan langkah-langkah yang ada yaitu menentukan bahan referensi, membuat Prota, Promes, dan RPP. Kemudian dalam pelaksanaanya, pertama guru memberikan pembelajaran dengan cara mendikte makna gandul, setelah itu guru menjelaskan kandungannya dengan metode ceramah, CTL, dan sedikit tanya jawab. Adapun faktor yang menjadi penghambat yaitu kurangnya kreatifitas dalam pemanfaatan media pembeajaran yang digunakan sehingga pembelajaran cenderung monoton dan membosankan, latar belakang pendidikan siswa sebelumya, kurangnya kemapuan orang tua dalam memberi pengarahan, dan pandemi covid 19. Adapun faktor pendukung yang ditemukan yaitu, pemilihan guru yang sesuai dengan kompetensi bidangnya, adanya apresiasi masyarakat yang tinggi, adanya beberapa pondok pesantren di lingkungan madrasah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Muatan Lokal, Akhlak, Karakter |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 03:21 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 03:21 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5114 |
Actions (login required)
View Item |