Bashori, M. Hasan (2021) Konsep Etika Guru Dalam Prespektif Imam Ghazali Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Masa Sekarang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER-KATA PEGNANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (176kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (669kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (201kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (634kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (209kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (515kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (library research), yang mencoba untuk mendiskripsikan dan menganalisis Konsep Etika Guru menurut Imam Ghazali dengan Pendidikan di masa sekarang ini. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, sebuah pendekatan dengan mengumpulkan data primer maupum sekunder yang tertulis dan berhubungan dengan konsep etika guru menurut Imam Ghozali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai masih relevankah pemikiran Imam Ghozali tentang konsep etika guru dengan pendidikan di masa sekarang. Subyek penelitian ini adalah kitab Ihya’ Ulumuddin karangan Imam Ghozali. Data-data tentang konsep etika guru dalam prespektif Imam Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan di masa sekarang di kumpulkan dengan teknik dokumentasi serta analisis data kualitatif. yang merupakan data primer dan dibantu dengan data sekunder berupa buku-buku yang berkaitan dengan data primer.dikumpulkan dengan teknik dokumentasi serta teknik analisis data kualitatif. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan teknik dokumentasi dan analisis data penelitian ini berhasil memperoleh dua temuan, yaitu : 1) konsep etika guru menurut Imam Ghozali yaitu kasih sayang, mengikuti ajaran Rasulullah, memberi arahan mempelajari ilmu kepada murid, menasehati untuk berperilaku baik, menjaga ucapan bagi guru, mengetahu intelektual murid, mengajarkan dengan jelas, dan menjadi tauladan bagi murid. 2) aturan etik guru sekarang ini yang tertera dalam undang-undang nomor 8 tahun 1974 tentang kode etik pada masa sekarang masih relevan dengan konsep etika guru menurut Imam Ghozali serta penerapan yang masih berlaku di pendidikan sekarang ini, tetapi juga masih ada yang kurang sesuai dengan prespektifnya Imam Ghozali tentang penerapan konsep keikhlasan, karena sifat ikhlas menurut beliau tentang kesucian hati sehingga sulit untuk di aplikasikan terhadap guru dimasa sekarang ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep etika guru, Imam Ghazali |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 03:30 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 03:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5116 |
Actions (login required)
View Item |