Rokhmini, Noor Hariyanti (2019) Implementasi Media Interaktif Audio Visual dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Tunadaksa pada Mata Pelajaran Tuntunan Shalat di SLB Negeri Cendono Kudus Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (480kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (680kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (444kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (579kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (258kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
Abstract
Implementasi Media Interaktif Audio Visual dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Tunadaksa pada Mata Pelajaran Tuntunan Shalat di SLB Negeri Cendono Kudus Tahun Pelajaran 2019 / 2020”. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), IAIN Kudus, 2019 Berdasarkan hasil observsi peneliti menemukan bahwa pembelajaran menggunaka n media dan metode belajar yang bersifat klasik seperti ceramah. Maka untuk meningkatkan hasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam peneliti memiliki tujuan, adapun tujuan yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengatahui implementasi Media Interaktif Audio Visual dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Tunadaksa pada Mata Pelajaran Tuntunan Shalat di SLB Negeri Cendono Kudus. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian lapangan (field reseach),dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari informan dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan implementasi media interaktif audio Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, Ketika implementasi pembelajaran menggunakan media interaktif audio visual menggunakan video di SLBN Cendono Kudus. Peserta didik menunjukkan respon positif dengan merasa tertarik dan semangat serta mampu meningkatkan pemahaman tentang materi pembelajaran . Dengan metode demonstrasi ini proses penerimaan siswa terhadap materi pelajaran akan lebih berkesan dan mendalam, sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna. Selain itu peserta didik terlihat sangat antusias dan lebih semangat dalam pembelajaran Agama Islam pada materi tuntunan sholat dan menjadi lebih paham karena selain siswa mengamati jalannya proses belajar-mengajar, mereka juga diajak terlibat secara langsung untuk mempraktekkan secara bersama-sama sehingga proses pembelajaran bermakna bagi siswa. Faktor pendukung dan penghambat implementasi media interaksi audio visual dan metode demonstrasi pada siswa tunadaksa pada pelajaran tuntunan shalat adalah :faktor pendukung : Mempermudah jalannya penyampaian pembelajaran, mengurahi kejenuhan belajar, menarik perhatian siswa, guru yang berkompeten dalam bidangnya, memotivasi siswa, menambah daya ingat anak,menyajikan objek belajar secara konkrit.Faktor penghambat : Memerlukan banyak waktu, terjadi komunikasi satu arah,apabila terjadi kerusakan tidak dapat digunakan,tertarik untuk menampilkan video yang bersifat hiburan atau keluar dari materi pelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif Audio Visual, Metode Demonstrasi, Siswa Tunadaksa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 02:49 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 02:49 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5211 |
Actions (login required)
View Item |